565 Goweser Bakal Ramaikan GBGL di KRL

9

Headlinelampung.com, LAMPUNG BARAT – Sebanyak 565 goweser yang tergabung dalam 60 club sepeda, terdiri dari 58 club dari 15 kabupaten/kota se-Lampung, dan dua klub dari Sumatera Selatan (Sumsel), akan meramaikan kegiatan Gowes Bareng Goweser Lampung (GBGL) dengan start dan finish di Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Minggu (6/10).

Event yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Lampung Barat yang ke-28 tersebut melibatkan kepanitiaan dari sembilan Komunitas Goweser Lambar, yang terdiri dari Goweser Liwa LGC, SBC Sumber Jaya, Palak Go.Co Pajar Bulan, Go Tribs Kebun Tebu, Gocapi Liwa, BBC Liwa, GT.c Batu Brak, GSS Sebarus, dan G Shock Giham Sekincau.

Ketua Panitia yang juga Ketua LGC Mujitahidin mengungkapkan, pada event GBGL yang akan dibuka langsung oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, dihadiri oleh jajaran Forkopimda tersebut pihaknya menyiapkan track dengan panjang sekitar 20 Kilometer, dengan variasi track MTB XC Trail yang cukup menantang dengan jalur on road berupa aspal dan beton sepanjang 15 kilometer dan offroad (single track tanah) sepanjang 5 kilometer dengan variasi datar dan tanjakan yang cukup menguras tenaga, maupun turunan yang memacu adrenaline goweser.

BACA JUGA:  Polres Lampung Barat Gelar Apel Persiapan Operasi Keselamatan Krakatau 2021

”Track yang kami siapkan cukup menantang, namun tentunya sudah dilakukan uji coba karena berkaitan dengan masalah keamanan dan keselamatan para goweser, terlebih pesertanya didominasi goweser dari luar daerah yang tentunya belum paham terhadap track yang akan dilintasi,” ungkap Bang Idin—sapaan Mujitahidin.

Terusnya, aktivitas bersepeda selain untuk menyalurkan hobi juga sebagai sarana menjaga kesehatan dan kebugaran jiwa raga, serta merupakan bentuk aktivitas positif. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai aksi nyata dalam mendukung upaya hemat energi dan ramah lingkungan yang sejalan dengan Komitmen Bupati Lambar yang akan mewujudkan kabupaten konservasi untuk kesejahteraan masyarakat, yang arah kebijakan pembangunan daerahnya mengutamakan pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup atau berlandaskan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

BACA JUGA:  Penanganan Covid-19, Bupati Lampung Barat Beri Bantuan ke Polres

”Untuk motto Goweser Lampung, yakni satu sepeda sejuta sahabat, kemudian untuk tema GBGL ini yakni Sai Kekhita Lamon Puakhi, Ngayuh Jejama Gumah Cekhitani (satu sepeda banyak saudara, gowes bersama banyak cerita),” ujarnya.

Sekadar diketahui, untuk peserta yang terdaftar yakni dua komunitas sepeda dari OKUS dan Batu Raja Provinsi Sumatera Selatan, sembilan komunitas sepeda dari Lambar, delapan komunitas sepeda dari Bandarlampung, delapan komunitas dari Kabupaten Lampung Tengah, lima komunitas dari Lampung Selatan, lima komunitas dari Tulang Bawang Barat, lima komunitas dari Lampung Utara, empat komunitas dari Pesawaran, tiga komunitas dari Kabupaten Mesuji, tiga komunitas dari Tanggamus, dua komunitas sepeda dari Kota Metro, dua komunitas dari Tulang Bawang, dua komunitas dari Way Kanan, satu komunitas dari Lampung Timur dan satu komunitas dari Pringsewu. (Hendri)