Gelar Pelayanan KB Gratis, Stan Dinas P2KBP2 dan PA Diserbu Warga

26

Headlinelampung.com, LAMPUNG BARAT – Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PP dan Perlindungan Anak (P2KBP2 dan PA) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengadakan pelayanan KB gratis di lapangan Kantor Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Kamis (31/10).

Pelayanan yang digelar dalam rangka penutupan rangkaian acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini terbilang sukses merarik antusiasme warga setempat, stan Dinas P2KBP2 dan PA penuh sesak warga yang ingin memasang KB gratis tersebut.

Kepala Dinas P2KBP2 dan PA Amirian mengatakan, pada program pelayanan KB gratis sebagai bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam penutupan TMMD tersebut, pihaknya menyiapkan alat dan juga sumber daya manusia (SDM) dengan lokasi kegiatan dipusatkan di Kantor PLKB kecamatan setempat.

“Alhamdulillah karena sebelumnya telah dilakukan sosialisasi pada masyarakat bahwa akan ada pelayanan KB gratis, masyarakat terlihat begitu antusias, ratusan masyarakat datang untuk mendapatkan pelayanan, sejak pagi tadi saya cek daftar hadir sudah mencapai 300 orang lebih yang mengantri untuk dilayani,” ungkap Amirian.

BACA JUGA:  Tahun Ini, Dinas TPH Lambar Serahkan Bantuan 15 Unit Alsintan ke Poktan

Amirian mengatakan, pelayanan tersebut selain sebagai bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam penutupan TMMD, juga merupakan program pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan KB gratis kepada masyarakat khususnya usia subur.

“Alat kontrasepsi yang kami persiapkan dalam pelayanan tersebut yakni implan, suntik, pil dan juga kami sediakan kondom, dan rata-rata masyarakat yang datang meminta untuk mendapatkan pelayanan KB suntik dan pil KB,” jelasnya.

Menurut Amirian, kuota yang disiapkan yakni sebanyak 100 orang untuk KB Implan, namun hanya 50 yang akan dilayani dikarenakan prosesnya dan keterbatasan SDM, sementara sisanya sebanyak 50 akan dilayani di Puskesmas atau Pustu setempat, sedangkan untuk suntik KB dan Pil KB persiapan kuota untuk 1000 orang, sementra untuk kondom jumlahnya cukup banyak, apabila tidak terserap semua pada pelayanan hari ini maka pihaknya akan menggelar pelayanan KB gratis di momen selanjutnya.

BACA JUGA:  Jelang Natal, Polsek Sekincau Lampung Barat Sterilisasi Gereja HKBP

“Pada intinya kami siap memberikan pelayanan sebanyak-banyaknya kepada masyarakat yang datang, hanya saja untuk KB implan itu disesuaikan dengan kesanggupan dari SDM yang kami,” ujarnya.

Sementara Winda salah seorang warga setempat mengaku berterima kasih dengan adanya pelayanan KB gratis dari Pemkab Lambar, dengan adanya pelayanan tersebut masyarakat terbantu.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pelayanan ini, apalagi petugas memberikan pelayanan dengan baik, tidak membeda-bedakan, karena itu kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah,” imbuhnya. (Hendri)