DPMD Adakan Deklarasi Damai Pilkades Serentak

21

Headlinelampung.com, Mesuji – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah (DPMD) Kabupaten Mesuji mengadakan kegiatan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades)Kabupaten Mesuji tahun 2019,berlangsung di Balai Desa Simpang Mesuji, Kecamatan Simpang Pematang, Senin (02/12).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt.Bupati Mesuji Hi.Saply TH,Kepala Dinas PMD,Pimpinan DPRD Hj. Elvianah ,beserta Anggota DPRD kab.Mesuji,Dandim 0426 Tulang Bawang Letkol Inf Kohir ,Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Indra Jaya Kusuma,Kapolres Mesuji AKBP Alim .S.H.,S.,IK ,Pejabat Eselon II Mesuji,Danramil 426-01 Mesuji,serta seluruh Calon Kepala Desa dari 20 Desa .

Dalam hal ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah(DPMD)Sunardi ,SE menyampaikan bahwa untuk tahapan dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa secara serentak ada 4 tahap,yang pertama Tahap Persiapan ,Pencalonan ,Pemungutan Suara dan yang terakhir Penetapan.

Dimana lanjutnya, untuk tahapan yang sudah dilalui, yang pertama perencanaan dan pengalokasian anggaran,sosialisasi Peraturan dan tahapan pelaksanaan , pembentukan , penetapan panitia pemilihan,pengumuman , pendaftaran dan penjaringan bakal calon yang dilakukan oleh panitia Desa.

Pendataan mata pilih sementara ,mata pilih tambahan serta penetapan daftar pemilih tetap ,penelitian kelengkapan adminstrasi ,penetapan dan pengumuman calon Kepala Desa.

BACA JUGA:  Pemkab Mesuji Beri Bantuan Balita Penderita Tumor

Untuk tahun 2019 Kabupaten Mesuji mengadakan pemilihan Kepala Desa secara serentak (Pilkades)di 20 desa,diantaranya Kecamatan Rawa Jitu Utara terdapat 3 Desa ,Desa Panggung Jaya 2 calon,Desa Sidang Iso Mukti 2 calon,Desa sidang Sido Rahayu 5 calon.

Selanjutnya kecamatan Mesuji Timur terdapat 2 Desa ,Desa Tanjung Mas Mulya 4 calon,Desa Talang Batu 2 calon,kemudian Kecamatan Mesuji terdapat 6 Desa,Desa sungai Badak e calon,Desa Nipah Kuning 4 calon,Desa Wiralaga Satu 4 calon,Desa Tirtalaga 5 calon ,Desa Tanjung Serayan 5 calon,Desa Mulya Sari 2 calon.

Di Kecamatan tanjung Raya terdapat 3 Desa ,Desa Mekar Sari 2 calon,Desa Bujung Buring 3 calon,Desa Tri Karya Mulya 4 calon,untuk kecamatan Simpang Pematang terdapat 2 Desa,Desa Simoang Pematang 5 calon,Desa Harapan Jaya 5 calon,yangvterkahir di kecamatan Way Serdang terdapat 4 Desa ,Desa Gedung Boga 4 calon,Desa Rejo Mulyo 4 calon,Desa Buko Poso 5 calon,dan Desa Labuhan Makmur 3 calon .

Jadi untuk total keseluruhan Calon Kepala Desa dari 20 desa yang Ada di 6 kecamatan di Kabupaten Mesuji yang telah ditetapkan oleh Panitia Desa sebanyak 73 (Tujuh puluh tiga ),untuk Laki-laki berjumlah 68 orang ,dan perempuan berjumlah 5 orang ,itu semua merupakan Desa yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak (Pilkades)Pada tanggal 12 Desember 2019 mendatang .

BACA JUGA:  Pemkab Mesuji Luncurkan Aplikasi SIASN untuk Mudahkan Layanan Kepegawaian

Kemudian Plt bupati H. Saply mengatakan bahwa pelaksanaan pilkades itu sendiri bertujuan untuk menghasilkan kepala desa yang merupakan pilihan masyarakat sendiri, yang akan memimpin pemerintahan di desa untuk ,tentunya untuk masa jabatan enam tahun kedepan sebagaimana yang di maksut didalam undang-undang No 6 tahun 2014 tentang desa dan peraturan -peraturannya,

Pilihan serentak kepala desa di tahun 2019 ini merupakan yang ke 4 kali nya sejak pertama kali di mulai dari tahun 2015 .

Saply TH berpesan kepada seluruh calon kepala desa ,untuk mengedepankan menjujung tinggi sportifitas, berdemokrasi secara baik dan sehat, serta menghindari tindakan-tindakan kecurangan, selama masa pemilihan.

Selanjutnya untuk masyarakat pemilih, diri pribadi saya juga berpesan agar menggunakan hak pilih anda sesuai dengan hati nurani dengan memilih calon yang memiliki kemampuan dan berintegritas untuk dapat membawa desa ke arah yang lebih baik. (Agung)