Gubernur Lampung : Penanaman Pohon Membangun Ruang Terbuka Hijau

28

Bandarlampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengapresiasi bantuan bibit pohon kecapang kencana sebanyak 1020 batang oleh PT. PLN Lampung di Bumi Perkemahan Pramuka Lampung Kotabaru Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (17/12/2019).

Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (SDA), Budi Darmawan mengatakan terimakasih atas bantuan bibit pohon yang diberikan PLN Lampung.

Diharapkan bantuan bibit pohon ini bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar dan juga sebagai penghijauan di bumi perkemahan dan wisata Kwartir daerah gerakan Pramuka provinsi Lampung, ” kata dia

Menurutnya, ini merupakan langkah konkrit dalam memperbaiki lingkungan dengan membangun ruang terbuka hijau dan areal perkemahan yang difungsikan pembinaan generasi muda Lampung.

BACA JUGA:  Masa Jabatan 5 Bupati Berakhir 2022, Pemprov Lampung Usulan Pj Bupati kepada Mendagri

Penanaman pohon ini tidak saja menjadikan hijau rindang dan sejuk, namun juga berfungsi sebagai arena pembelajaran dan laboratorium alam bagi generasi penerus sesuai dengan Satya dan Dasa Dharma Pramuka itu dalam upaya perbaikan hutan dan lingkungan.

“Sejalan dengan misi ke-6 RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024 yaitu mewujudkan Pembangunan Daerah yang berkelanjutan untuk kesejahteraan bersama yang pada akhirnya dapat mewujudkan visi rakyat Lampung berjaya, ” ucapnya

Oleh karena itu, Budi meminta kita tidak saja menanam pohon akan tetapi juga memeliharanya sehingga bibit pohon yang ditanam dapat tumbuh dan berkembang dengan baik yang pada saatnya nanti. Menjadi bagian dari paru-paru bumi yang mampu menghasilkan udara bersih dan segar serta menjadi habitat bagi satwa yang menjadikan Bumi Perkemahan dan wisata ini semakin asri.

BACA JUGA:  Hari K3 Nasional, KSOP Panjang Simulasi Penerapan Keselamatan Dalam Bekerja

“Selain itu pohon dapat memproduksi air mengatur aliran air serta memproteksi tanah dari ancaman erosi dan longsor, ” terangnya

Lanjut dia, penanaman pohon dalam rangka membangun dan memelihara hutan perlu terus digalakkan sehingga terbangun banyak hutan yang berfungsi sebagai krim dan memberi manfaat perlindungan keanekaragaman hayati peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penyerapan karbon, ” ungkapnya. (Bayu)