Elektabilitas, Popularitas dan Kesiapan Menentukan Rekomendasi Kandidat

39

Headlinelampung, Lampung Selatan – Ketua penjaringan bakal calon kepala daerah DPD PKS, Andi Apriyanto mengungkapkan, selain 4 kandidat eksternal yang dibidik yakni Irfan Nuranda Djafar, Hipni, Toni Eka Chandra dan Heri Putra, DPD PKS miliki kandidat internal untuk cabup Antoni Imam dan Wabup Puji Sartono.

“Setelah kita dalami 4 kandidat eksternal ini yang kami (PKS) anggap paling serius untuk maju dengan diusung PKS,” kata Andi seraya menambahkan faktor elektabilitas dan popularitas juga turut menjadi pertimbangan PKS terhadap 4 kandidat itu, Senin 13 Januari 2020.

BACA JUGA:  Program Sembako di Lamsel Naik Rp50 Ribu

Untuk kandidat internal, terus Andi, sebelum dilakukan tahap wawancara kepada 4 kandidat, DPD PKS sudah melakukan penjajakan peluang berpasangan dengan 4 kandidat eksternal tadi.

“Penjajakan, peluang dan komunikasi politik sudah coba kami skenariokan terhadap masing-masing kandidat internal dan eksternal,” imbuh Andi.

Dari tahapan ini, menurut Andi, DPD PKS akan merekomendasikan bakal calon kepala daerah yang diusung partai ke DPP melalui DPW PKS Provinsi Lampung. “Rencananya Rabu 15 Januari ini kita serahkan rekomendasi DPD ke DPP melalui DPW. Nanti kita lihat kandidat mana yang disetujui pusat untuk menerima rekomendasi partai. Yang jelas, pertimbangan utama adalah keseriusan kandidat, elektabilitas, popularitas dan kesiapan kandidat untuk bertarung dalam pilkada 2020 ini,” ungkap Andi seraya mengatakan kemungkinan Maret mendatang rekomendasi DPP PKS akan turun untuk menentukan calon dalam pilkada. (rk)

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Menhub Minta Pemudik Lakukan Rapid Antigen