12 Warga Lambar Terjangkit DBD

32

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Bulan Januari tercatat 12 warga Lampung Barat terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD), data tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar Paijo, Selasa (28/01/2020).

Menurut Paijo, pasien yang menderita penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes ini, Januari ini tercatat sudah 12 orang.

“Data terakhir yang kita terima sebanyak 12 orang, dan kebanyakan dari kecamatan Balik Bukit dan Sukau,” ungkap Paijo.

Paijo mengatakan, pasien DBD ini tidak menutup kemungkinan masih akan bertambah, mengingat tahun 2020 ini memasuki siklus lima tahunan dimana penyakit DBD ini biasanya meningkat.

BACA JUGA:  Bupati Lambar-Pesibar Hadiri Rakor Penanganan Covid-19

“Setiap lima tahun sekali penyakit DBD ini meningkat, dan kebetulan tahun ini masuk siklus tersebut, jadi tidak menutup kemungkinan kedepannya masih akan terus bertambah,” jelasnya.

Paijo juga menyampaikan, dalam upaya menekan peningkatan penderita DBD tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Lambar selaku pemangku kebijakan dalam hal pencegahan dan penanggulangan DBD ini telah mengadakan sosialisasi ke Puskesmas sebagai Unit Pelaksana Teknis di bawahnya dengan mengadakan pelatihan membuat Ovitrap yaitu alat yang dipakai untuk memutuskan siklus hidup nyamuk, dan himbauan agar semua Puskesmas melibatkan kader kesehatan.

BACA JUGA:  UPT Disdukcapil Way Tenong Lambar Ditarget Bisa Berikan Semua Jenis Pelayanan Adminduk

“Kegiatan ini diharapkan bisa memaksimalkan pencegahan DBD, selain itu juga kita sangat membutuhkan peran masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan cara pemberantasan sarang nyamuk dengan cara 3M,” pungkasnya. (Hendri)