Dinas Sosial Kota Metro Lampung Dampingi Penerima PKH hingga Pencairan

80
Foto: Ilustrasi/Istimewa

HEADLINELAMPUNG, METRO – Dinas Sosial Kota Metro, Lampung, memastikan penyaluran dana bantuan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) tepat sasaran.

Bahkan, petugas terkait melakukan pendampingan hingga proses pencairan yang ditransfer ke rekening penerima melalui anjungan tunai mandiri (ATM).

Kepala Dinas Sosial Kota Metro, Suwandi, mengatakan, pihaknya melakukan pendampingan kepada masyarakat penerima PKH, sejak awal hingga proses transfer ke rekening.

Hal itu untuk memastikan bantuan dari pemerintah pusat benar-benar sampai dan tepat sasaran.

BACA JUGA:  Sejumlah Pelaku UMKM Helat Bersukaria Lampung Food and Metro Souvenir Fest

“Petugas kami bahkan ikut mengawasi penarikan dana bantuan melalui ATM bank yang ditunjuk,” kata Suwandi, Sabtu (15/2/2020).

Dijelaskan, jumlah keluarga peserta PKH untuk Kota Metro mengalami sedikit penurunan pada tahun ini.

Jika penyaluran tahap 4 pada 2019 lalu, jumlah penerima sebanyak 4.379 kepala keluarga (KK), maka pada penyaluran tahap 1 tahun ini jumlah penerima menjadi 4.267 KK.

“Ada sedikit pengurangan, sekitar 112 KK. Penurunan ini terjadi karena degradasi. Artinya, keluarga yang sudah mampu, kami hentikan. Digantikan kepada keluarga yang lebih berhak,” terang Suwandi.

BACA JUGA:  Sebanyak 881 Pelamar Calon PPPK Kota Metro Lolos Seleksi Administrasi

Komponen penerima bantuan PKH dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 2.400.000 per tahun, yang disalurkan dalam empat tahap terdiri dari ibu hamil, anak usia 0-6 tahun, anak usia sekolah SD hingga SMA, disabilitas, dan lanjut usia.

“Bantuan uang tunai dimaksudkan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar,'” pungkas Suwandi. (dwi)