Sensus Penduduk Online, Diskominfotik Kota Metro Minta Pendampingan BPS

13

HEADLINE LAMPUNG, METRO-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Kota Metro, meminta pendampingan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melakukan  Sensus Penduduk Online, di Ruang Rapat Kantor Diskominfotik setempat,  Senin (24/2/2020).

Sekretaros Diskominfotik Kota Metro, Subehi mengatakan, pendampingan Sensus Penduduk Online oleh petugas Badan Pusat Statistik (BPS), bertujuan agar seluruh staf Diskominfotik dapat mengisi daftar pertanyaan sensus dengan benar.

“Sensus ini merupakan program wajib berkala setiap 10 tahun sekali, yang dahulu dilaksanakan dengan cara sosialisasi secara door to door, namun pada tahun 2020 ini dilakukan dengan cara yang berbeda, dengan mengikuti perkembangan era digitalisasi yang berbasis elektronik. Karenanya, pada hari ini kami melakukan sosialisasi pendampingan sensus penduduk online, agar seluruh staf  dapat mengisi secara baik dan benar,”  kata Subehi.

BACA JUGA:  Hadiri Konferkab PWI Tuba, Ini Harapan Bupati Winarti

Sementara, Kasi Neraca dan Analisis Statistik BPS Kota Metro, Dian Wuryandari  memberikan panduan kepada staf Diskominfotik Kota Metro mengenai beberapa langkah untuk mengisi sensus penduduk secara online, yang dapat dilakukan dengan mengakses https//:sensus.bps.go.id .

Ia juga menjelaskan mengenai manfaat sensus penduduk online, serta tahapan pelaksanaan SP 2020 yang terdiri dari sensus penduduk online periode 15 Februari – 31 Maret 2020, serta sensus penduduk wawancara mulai tanggal 1-31 Juli 2020.

BACA JUGA:  Ribuan Sembako dari Baznas Way Kanan Disalurkan ke Guru Mengaji

“Masyarakat harus jujur mengisi daftar pertanyaan yang diajukan. Dan, bagi masyarakat yang tidak dapat melaksanakan sensus secara online, akan dilakukan sensus dengan wawancara pada bulan Juli 2020 mendatang,” ungkap dia. (dwi)