Disdukcapil Kota Metro Siap Launching Mesin ATM Pembuatan KIA

31

HEADLINELAMPUNG, METRO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro  membuat terobosan baru dengan pembuatan mesin ATM bagi pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Hal itu, dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Metro, Maria Fitri Jayasinga, pada Sosialisasi Kebijakan Kependudukan dalam Rangka Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Administrasi Kependudukan, Rabu (26/2/2020).

Menurut dia, pihaknya akan berinovasi dengan membuat mesin ATM untuk pembuatan KIA. “Untuk tahap awal mesin tersebut akan melayani pembuatan KIA,” kata Maria Fitri.

BACA JUGA:  Sekolah di Tiga Kecamatan Tubaba Kembali Terapkan BDR dengan Sistem Daring

Ia meneruskan, pembuatan mesin ATM bagi pembuatan KIA yang direncanakan akan diluncurkan pada bulan April 2020 mendatang, merupakan pertama di Indonesia. Hal ini, merupakan hasil inovasi para pegawainya sebagai

bentuk kerja tim (team work). “Intinya, kami terus berinovasi guna mempertahankan prestasi dalam hal pelayanan publik,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mensosialisasikan penarikan KTP sementara kepada para perangkat kelurahan menyusul dikirimnya blanko KTP El dari Kemendagri.

BACA JUGA:  Nanda Indira Buka Kegiatan Koordinasi dan Kerjasama Paud

“Blanko KTP El sudah siap, karenanya KTP sementara yang sebelumnya diterbitkan ditarik kembali dan diganti dengan blanko KTP El. Dan saya juga mengingatkan, bahwa untuk pembuatan KTP El tidak dipungut biaya alias gratis,” ungkapnya. (dwi)