Waspada! Janjikan Proyek, Penipu Mengaku Wakil Bupati Way Kanan Lampung

39

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Masyarakat, khususnya Kontraktor di Kabupaten Way Kanan, Lampung diimbau agar berhati hati, karena baru baru ini ada oknum yang tidak bertanggung jawab ingin melakukan penipuan dengan modus mengatasnamakan wakil bupati Way Kanan, Edward Anthony.

Oknum itu menghubungi salah satu Direktur CV. Gunung Batu, Rizaludin, untuk meminjam sejumlah uang, lalu menjanjikan pekerjaan paket proyek kepadanya.

Rizaludin mengatakan, modus ini dilakukan seseorang menggunakan nomor ponsel 081286667**, yang mengaku sebagai wakil bupati Way Kanan, dengan dalih akan memberikan pekerjaan proyek.

“Setelah oknum bicara panjang lebar, ujung-ujungnya minta disiapkan uang sebesar Rp 25 juta, yang katanya meminjam,” ujarnya, saat dikonfirmasi via telepon, Rabu (26/02/2020).

Sebelumnya, Rizaludin juga dihubungi seseorang yang mengatasnamakan Assiten II Sekdakab Way Kanan, Kussarwo, dengan nomor ponsel 0812839676**.

BACA JUGA:  Pelaku Sodomi Ditangkap, Ini Tanggapan Ketua LPA Lamteng

Orang tersebut meminta agar dirinya menghubungi wakil bupati Way Kanan, dengan nomor ponsel 081286667** .

“Penasaran, lalu saya menghubungi nomor yang diberikan. Dalam percakapan kami, oknum ini mengatasnamakan wakil bupati Way Kanan dan meminta agar saya menyiapkan berkas perusahaan, untuk mengerjakan beberapa  proyek bernilai miliaran,” jelas Rizaludin.

Sejak awal dia sudah curiga. Meski demikian, Rizaludin tetap melayani oknum tersebut dan berjanji menyiapkan dana sebesar Rp 25 juta, yang akan ditransfer sebelum pukul 13.00 WIB, Selasa, 25 Februari 2020.

“Setelah saya mendapatkan rekening Bank yang dikirimnya melalui SMS, lalu saya coba mencari tahu alamat dan nama pemilik nomor rekeningnya. Ternyata, nama pemilik rekening Bank itu Supardi, dengan nomor rekening Bank Mandiri 900 000 148 18** dan beralamat di Jawa Timur,” ungkap Rizaludin.

BACA JUGA:  Lakukan Perlawanan, Residivis Pencurian di 8 TKP Ditembak Polisi

“Saya kenal baik sama pak Edward Antony (Wabup Way Kanan). Dari cara dan logat bicaranya di ponsel berbeda. Dalam keseharian, pak wakil bupati itu ceria dan banyak canda. Tapi yang menelepon saya dan mengaku wakil bupati itu logat bicaranya berwibawa,” tambahnya.

Setelah kejadian itu, Rizaludin langsung berkoordinasi dengan orang dekat wakil bupati Way Kanan, hingga diketahui wabup.

Terpisah, Wakil Bupati Way Kanan, Edward Anthony, ketika dikonfirmasi mengatakan jika dia tidak pernah bermain proyek. Apalagi menjanjikan untuk memberi paket pekerjaan kepada kontraktor manapun.

“Tolong kawan-kawan Kontraktor atau siapapun, agar berhati-hati kalau ada oknum yang mengaku sebagai saya, dengan dalih apapun itu. Lebih baik langsung hubungi saya,” imbaunya. (migo)