Herman HN Akan Perbanyak Program Gratis di Kota Bandar Lampung

41

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG — Wali Kota Bandar Lampung Herman HN secara resmi membuka acara Forum Perangkat Daerah, dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah kota, di Gedung Semergo, Senin (01/03/2020).

Kegiatan ini merupakan rangkaian rencana kerja organisasi perangkat daerah atau OPD dan untuk menuju e-planning 2021.

“Untuk ke depannya, saya akan menambah jalan-jalan di perkampungan, trotoar dan drainase akan kita perbaiki juga,” kata Herman HN.

“Kemudian, untuk di bidang kesehatan tetap akan kita pertahankan program gratisnya. Cukup pakai KTP saja maka akan mendapatkan pengobatan gratis,” tambahnya.

Di sisi lain, seperti pendidikan, lanut dia, kalau presiden menyerahkan ke pemerintah kota, maka SMA-SMK juga akan digratiskan sampai ke perguruan tinggi.

BACA JUGA:  Ciptakan Lapangan Kerja, UMKM dan Petani di Lampung Dukung Sandiaga Uno Maju 2024

“Jadi semua kita bikin program gratis untuk masyarakat Bandar Lampung dan nanti akan kita tambah lagi program barunya,” terang wali kota.

Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah, menjelaskan, untuk menyusun anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 tahapannya dengan melaksanakan Musrenbang kelurahan dan kecamatan.

“Nanti usulan-usulan dari kecamatan ini dan pokok-pokok pemikiran DPRD akan kita selaraskan dengan rencana kerja dari organisasi perangkat daerah,” ujarnya.

Beberapa OPD itu akan ekspose untuk rencana kerja mereka 2021 yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

BACA JUGA:  (Video): Beredar Video Oknum Anggota Linmas di Bandar Lampung Rusak APK Paslon Rycko-Jos

Dari ekspos itu nanti mereka akan mengambil usulan-usulan dari kecamatan, mungkin juga dari pokok-pokok pemikiran DPRD.

“Jadi intinya kegiatan hari ini kita merencanakan untuk kegiatan tahun 2021 yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” jelasnya

Selain itu, untuk program-program baru akan ditambah juga.

“Pak wali masih tetap ada program infrastruktur. Kalau selama ini masih banyak jalan yang belum kita sentuh, itu nanti akan kita tuntaskan di 2021,” ungkapnya.

Termasuk juga untuk mengatasi masalah banjir, sampah, lalu lintas, semuanya dianggarkan di 2021. (Sandi)