Tes Kesehatan CJH Lambar, Dokter Imbau Olahraga dan Jaga Asupan Makanan

9

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT– Sebanyak 602 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) lakukan tes kesehatan terakhir sebelum keberangkatan, kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Alimudin Umar (RSUDAU), Rabu (4/3/2020).

Tes kesehatan yang telah di laksanakan sejak 18 Februari 2020 lalu diikuti CJH yang berasal dari 15 Kecamatan yang ada di Lambar yang terbagi dari CJH asal Kecamatan Batu Brak 48 CJH, Sekincau 41 CJH, Pagar Dewa 11 CJH, Way Tenong 132 CJH, Fajar Bulan 1 CJH dan Air Hitam 61 CJH, Balik Bukit 98 CJH, Sumber Jaya 26 CJH, Sukau 25 CJH, Kebun Tebu 58 CJH, Gedung Surian 36 CJH, Bandar Negeri Suoh 16 CJH, Belalau 13 CJH, Batu Ketulis 25 CJH, dan yang terakhir dari Kecamatan Lumbok Seminung sebanyak 11 CJH.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Selatan Tanam 150 Jenis Toga

Dokter yang menangani tes kesehatan CJH yakni Ines Satria mengatakan, para CJH menjalani beberapa proses pemeriksaan, antara lain fisik, darah, urine, ronsen dan jantung.

“Pemeriksaan dibagi beberapa bagian antara lain pemeriksaan riwayat penyakit, kesehatan fisik, pemeriksaan kesehatan darah, dan juga pemeriksaan kesehatan jantung,” ungkap Ines.

Menurut Ines, untuk mengetahui hasil tes, para CJH harus menunggu proses yang akan keluar setelah beberapa hari.

BACA JUGA:  Peringati HPSN 2021, Wabup Lampung Barat: Aksi Bebas Sampah Bukan Hanya Seremonial

“Selanjutnya hasil pemeriksaan akan diserahkan ke Dinas kesehatan, dan Dinas Kesehatan akan menyampaikan ke CJH,” jelasnya

Ines juga mengatakan pihaknya berharap CJH tetap menjaga kesehatan, hingga saat keberangkatan nantinya tidak ada kendala.

“Aktif olahraga dan menjaga asupan makanan dengan baik dan teratur salah satu yang bisa dilakukan agar kesehatan para CJH tetap terjaga,” pungkasnya. (Hendri)