Pekerjaan Desa Talang Jembatan Lampura Disinyalir Dijual-belikan

57

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Disinyalir sejumlah pekerjaan fisik di desa Talang Jembatan, kecamatan Abung Kunang, Lampura, yang bersumber dari dana desa (DD) telah dijual-belikan.

Bedasarkan informasi yang dihimpun, dari tahun 2017 sampai dengan 2019, ada sejumlah pekerjaan fisik desa Talang Jembatan telah dijual-belikan oleh oknum kades Talang Jembatan kepada oknum camat setempat.

Pengakuan kades Talang Jembatan, Riani Zahrudin, pada (14/8/2019) lalu. Dirinya mengatakan, ada beberapa perkerjaan fisik di desa talang jembatan yang telah dihandel oleh camat Abung Kunang. Pasalnya, hal itu dilakukan kades Talang Jembatan karena dirinya memiliki hutang-piutang kepada oknum camat tersebut.

BACA JUGA:  Wujud Kedekatan, Babinsa Koramil 426-03/Rawajitu Anjangsana ke Rumah Warga di Rawajitu Selatan

” Siring Pasang, Rabat Beton,” kata Riani, kades Talang Jembatan menjelaskan pekerjaan yang telah diambil alih oknum camat setempat.

Dikatakan, Odon, salah satu tukang yang mengerjai sejumlah bangunan fisik di desa Talang Jembatan bahwasannya, dirinya bekerja atas perintah camat Abung Kunang.

” Saya disuruh untuk mengerjakan siring pasang didusun Talang Baru tahun 2018. Rabat beton, siring pasang, gorong – gorong dan sumur bor anggaran tahun 2019 ini,”cetusnya.

Sementara itu, Camat Abung Kunang, Sukatno, membantah bahwasanya dirinya tidak pernah menghandel sejumlah pekerjaan desa Talang Jembatan. Namun, dirinya membenarkan jikalau oknum kades Talang Jembatan kerap meminjam uang kepada dirinya.

BACA JUGA:  Kepala Desa Brabasan Disuntik Vaksin Covid-19 Tahap Kedua

” Pinjaman nya relatif, kadang 3 juta, 2 juta, nanti gajian dikembalikan, pinjam uang kembali uang, tidak dengan pekerjaan desa,” ungkap Sukatno, camat Abung Kunang, melalui sambungan telponnya, kamis (5/3/2020) malam.

Diketahui, saat ini kades Talang Jembatan, Riani Zahrudin, sudah diamankan oleh Polres Lampung Utara terkait dugaan Korupsi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017.

Menanggapi permasalahan ini, masyarakat desa Talang Jembatan berharap kepada pihak penegak hukum untuk melakukan pengembangan kasus dugaan korupsi dana desa (DD) di desa Talang Jembatan.(Rasul)