Biddokes Polda Lampung Gelar Sosialiasi di Polres Way Kanan Terkait Covid-19

32

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Lampung bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan menggelar sosialiasi pencegahan Virus Corona, di Lapangan Apel Polres, Rabu (18/3/2020).

Kegiatan dihadiri Kaurkesmapta Biddokes Polda Lampung Kompol. Jeni Lappy bersama anggota Biddokes Polda Lampung, Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Dr. Yunita putri, MMR, pejabat utama Polres Way Kanan, anggota Polres Way Kanan dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran.

Kaurkesmapta Biddokes Polda Lampung Kompol. Jeni Lappy mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan sosialisasi dan Informasi kepada anggota Polres Way Kanan dan jajaran tentang Virus Corona, mengingat pemberitaan di media hampir setiap hari intinya tentang Virus Corona.

“Untuk meningkatkan kewaspadaan anggota, Biddokes Polda Lampung melakukan langkah langkah pencegahan mulai apa yang harus kita lakukan tentunya jangan sampai sebagai anggota Polri tidak mengetahui bahwa virus itu telah menjakit diri sendiri maupun keluarga kita,” kata Kompol. Jeni.

Lanjutnya, maka sepatutnya Polri sebagai abdi masyarakat yang melindungi, mengayomi dan melayani masyakarat berupaya secara optimal untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan Kepolisian di Polres Way Kanan.

BACA JUGA:  Bupati Lamteng Ingatkan ASN Tingkatkan Disiplin dan Layani Masyarakat Sepenuh Hati

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan melalui Dokter umum Puskesmas Negeri Baru Dr. yunita Putri, MMR menuturkan apa itu COVID-19 (Virus Corona) adalah suatu kondisi infeksi menyerang sistem pernapasan, yang berarti dapat menular langsung atau tidak langsung, dari satu orang ke orang lain. Yang Pertama Kali Diidentifikasi di Wuhan, Cina, pada Desember 2019 lalu.

Untuk mencegah penyebaran atau penularan dapat dilakukan dengan cara cuci tangan secara teratur dengan banyak sabun menggunakan air yang mengalir lalu selalu siapkan pembersih berbasis alkohol saat sabun dan air tidak tersedia, jangan menyentuh mata, mulut, atau hidung kita dengan tangan yang tidak bersih dan jaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang batuk selanjutnya ikuti sapaan tanpa sentuhan untuk tidak ada kuman yang dikontak.

“Apa yang harus kita lakukan supaya tidak terjangkit virus corona yakni jaga prilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pake sabun (CTPS), jika ada orang yang batuk menggunakan masker atau tissu kering atau siku lengan, banyak makan buah dan sayur, masak daging dan telur hingga matang, jangan begadang istirahat yang cukup, tidak panik atau hindari stres karena dapat menurunkan Imunitas yang ada di dalam tubuh,” jelasnya.

BACA JUGA:  Polres Pesawaran Tangkap Empat Tersangka Pengedar Narkoba

Selain itu, tingkatkan kebersihan lingkungan sekitar dan dapat menyediakan sabun untuk cuci tangan atau hand sanitizer bagi masyarakat yang akan mendatangi ruang pelayanan Kepolisian, tempat ibadah dan mari bersama-sama kita mencegah penularannya sehingga Kabupaten Way Kanan bersih dari COVID-19 (Virus Corona).

Pihaknya berharap peran Bhabinkamtibmas agar menyampaikan yang didapat dari sosialisasi kepada warga dan yang utama tidak menimbulkan kepanikan dan apabila ada warga yang pulang dari luar negeri agar dipantau dan diawasi karena mereka termasuk orang dalam pengawasan.

Di akhir kegiatan sosialisasi tersebut juga dilaksanakan simulasi penggunaan masker dan cara mencuci tangan tangan yang baik dan benar menurut Who, yang dipimpin langsung oleh Biddokes Polda Lampung didampingi Dr yunita Putri. (*/Migo)