Antisipasi Covid-19 di Way Kanan, AWPI Minta Gugus Tugas Beri Informasi Terbuka

12

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) sudah terjadi di berbagai negara dan ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) tahun ini.

Bahkan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan surat edaran agar sekolah diliburkan dan masyarakat dianjurkan tidak keluar, beraktifitas di rumah saja.

Menyikapi penyebaran Covid-19 ini, Ketua DPC Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kabupaten Way Kanan meminta kepada Gugus Tugas Pencegahan COVID 19 kabupaten setempat memberikan data secara terbuka  kepada masyarakat.

Ketua AWPI Way Kanan, Yoni Alistiadi, mengatakan hingga saat ini Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 kabupaten setempat belum merilis data warga yang dalam pengawasan.

Juga data warga yang sedang dalam pengawasan petugas yang diduga terserang  Covid-19, agar masyarakat mengerti dan mengetahui informasi masalah virus ini dengan baik dan benar.

BACA JUGA:  Pengambilan Sumpah Jabatan Dawam Serahkan SK PNS

“Kalaupun tidak ada warga yang terkena atau masuk dalam pengawasan, juga harus disampaikan ke publik agar tahu,” kata Yoni, saat dikonfirmasi, Minggu (22/03/2020).

Selain itu, menurut dia, masyarakat juga menginginkan adanya Call Center yang disiarkan Pemerintah Daerah, untuk memberitau dan menyampaikan informasi-infomasi tentang perkembangan Virus Corona di Way Kanan.

“Kami sebagai pewarta juga tidak mau membuat berita yang tidak jelas tentang perkembangan penyebaran Virus Corona yang ada di Way Kanan,” tegasnya.

Sekali lagi ia meminta, agar Gugus Tugas Pencegahan COVID 19 Kabupaten Way Kanan dapat menyiapkan data atau ada juru bicara yang ditunjuk untuk mengabarkan perkembangan penyebaran virus Corona ini.

“Ungkapan saya ini bukan tanpa alasan, karena kami AWPI Way Kanan mendapatkan informasi adanya PMI yang datang dari Hongkong yang sedang  dirawat di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam,” jelasnya.

BACA JUGA:  PTPN VII Way Berulu Siapkan 550 Dosis Vaksin Covid-19

Yoni menghimbau kepada rekan-rekan media yang terus bekerja meliputi di lapangan agar terus berhati-hati dan taati standar pencegahan penularan virus Corona yang telah dibuat oleh Pemerintah.

Dan mengajak seluruh media untuk ikut berperan aktif mensosialisasikan Program Pemerintah tentang pemberantasan COVID 19 .

“Kita jurnalis juga punya andil penting dalam pencegahan Virus Corona, jadi harapan saya Pemerintah bisa terbuka dan merangkul semua jurnalis dan media untuk sama-sama memberikan informasi kepada masyarakat, dan  mari kita berdoa bersama-sama, memohon pada Allah SWT agar musibah  ini berakhir,” pungkasnya. (*/Migo)