Cegah Covid-19, Sejumlah Kampung di Negara Batin Way Kanan Semprotkan Disinfektan

229

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Guna mendukung imbauan pemerintah dan Maklumat Kapolri terkait pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus Corona, sejumlah kampung/desa di Kecamatan Negara Batin, Way Kanan, Lampung melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum wilayah masing-masing.

Beberapa kampung tersebut di antaranya Gisting Jaya, Negara Batin, Purwa Agung, Kota Jawa dan Kampung Karta Jaya.

Kepala Kampung Gisting Jaya, Andi Iswanto mengatakan, kegiatan tersebut murni atas kesadaran dan gerakan masyarakat bersama aparatur kampung, yang didasari dengan mematuhi imbauan pemerintah.

“Kami tidak mau wabah itu sampai menyebar ke masyarakat. Walaupun cukup jauh dari perkotaan. tapi kami harus mengantisipasi. Apalagi ini kasusnya bukan hanya di Indonesia, tapi dunia. Harus taat imbauan pemerintah guna keselamatan kita bersama,” ujarnya kepada Headlinelampung, Rabu (25/03/2020).

Dijelaskan, lokasi yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan yaitu Masjid, Mushola, Balai Desa, Sekolah, serta tempat umum lainnya.

BACA JUGA:  Kabur Setelah Tabrak Pedagang Kue Hingga Tewas, Sopir Travel Asal Tanggamus Ditangkap Di Tangerang Banten

“Kalau anggaran khusus untuk kegiatan ini belum ada. Ini murni gerakan bersama dan masih pakai dana pribadi. Kami juga berencana selain tempat umum, juga akan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga, menggandeng sejumlah organisasi yang ada di kampung,” terang Andi.

Senada diungkapkan Kepala Kampung Negara Batin, Sidik Aroni Kamseno. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, pihaknya juga telah menjalankan Protokoler Kesehatan.

“Yaitu dengan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap setiap warga yang datang dari luar daerah,” kata dia.

Bahkan, mereka meminta warga yang datang dari luar daerah untuk berdiam diri di rumah selama beberapa hari, serta menjalankan gerakan jaga jarak, cuci tangan memakai sabun dan memakai masker jika ingin melakukan pertemuan atau menghadiri suatu kegiatan.

Selain itu, pihaknya juga intens melakukan sosialisasi dan pendekatan terhadap masyarakat yang ingin menggelar suatu kegiatan, yang dapat mengumpulkan orang banyak.

BACA JUGA:  Bupati Lamteng Pimpin Apel Gabungan TNI dan Polri

Terbukti, beberapa masyarakat sudah menunda rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Dengan kejadian Covid-19 ini, Kita memang perlu meningkatkan kesadaran untuk melakukan pencegahan. Alhamdulillah apa yang disarankan pemerintah sudah mulai kami terapkan di kampung. Termasuk melakukan pendekatan ke masyarakat, untuk menunda jika ingin melakukan kegiatan,” ujar Sidik.

Camat Negara Batin, A. Rozi sangat mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan masyarakat dan aparatur kampung di wilayahnya.s

Dia berharap aksi tersebut juga dapat diikuti kampung lain, khususnya di Kecamatan Negara Batin.

“Setelah mendapat intruksi dari pimpinan, Kami Gugus Tugas di kecamatan langsung melakukan rapat bersama jajaran uspika dan kampung. Alhamdulillah saat ini semuanya mulai bergerak untuk melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut. Semoga situasi ini segera berakhir, sehingga kita semua dapat beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya. (Migo)