Bupati Umar Ahmad Imbau Warga Periksa Kesehatan Bagi Pemudik Cegah Covid-19

53

HEADLINELAMPUNG,TUBABA – Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad didampingi Ketua DPRD Ponco Nugroho mengimbau kepada masyarakat yang baru datang atau yang akan kembali dari luar daerah untuk dapat melaporkan dirinya kepada Kepalo Tiyuh dan Puskesmas terdekat untuk mengecek dan mengetahui apakah terpapar virus Corona atau Covid-19 atau tidak.

Imbauan tersebut disampaikan Umar Ahmad di kantor sekretariat pemkab setempat, Rabu (1/4/2020), menyikapi banyak arus mudik warga kabupaten setempat yang telah kembali dan akan kembali dari perantauan dalam pekan terakhir.

“Saya berharap imbauan ini dapat dilaksanakan secara bersama dan dapat melaksanakan kehidupan sosial secara bersama, semoga sanak saudara semua dapat terhindar dari segala marabahaya,” imbaunya.

BACA JUGA:  Selter JPTP, Komisi I DPRD Metro Pertanyakan Komitmen Walikota

Untuk diketahui sejak merebaknya Corona virus Disease atau Covid-19, Pemerintah kabupaten setempat telah melakukan sejumlah upaya pencegahan penyebaran Corona virus Disease sesuai dengan petunjuk Pemerintah pusat.

Seluruh lapisan masyarakat mulai dari aparatur Tiyuh hingga kabupaten diminta untuk selalu waspada dan sigap untuk melakukan pencegahan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dari data yang ada, kabupaten Tulangbawang Barat menjadi salah satu kabupaten yang dipastikan negatif Covid-19.

Namun demikian, langkah-langkah antisipasi tetap dan terus dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Hasil pengamatan Headlinelampung, Pemerintah kabupaten setempat dan pihak polres setempat dan Koramil telah melakukan penyuluhan dan sosialisasi dan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum dan tiyuh-tiyuh.

BACA JUGA:  Polres Tuba Gelar Welcome and Farewel Parade Menyambut Kapolres yang Baru

Selain itu, juga merumahkan para anak didik untuk belajar dari rumah, menghentikan sementara kegiatan keramaian baik kegiatan resmi maupun kegiatan kemasyarakatan, hingga menyiapkan sarana cuci tangan hingga pengecekan suhu tubuh bagi para ASN dan masyarakat, menjaga jarak serta mewajibkan pemakaian masker.

Selain itu juga, Pemerintah kabupaten melalui Dinas Kesehatan setempat telah menyiapkan ruang isolasi bagi penderita Covid-19 serta menyiagakan petugas kesehatan di seluruh puskesmas yang berada di kecamatan dan tiyuh di kabupaten Tulangbawang Barat. (dra)