Cegah Penyebaran Covid-19, Kejari Way Kanan Gelar Sidang via Video Conference

43

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Guna mencegah penyebaran Covid-19 atau Virus Corona, Kejaksaan Negeri (Kejari) Way Kanan, Lampung menggelar sidang melalui sarana video conference (Vicon).

Dalam Sidang vicon ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan saksi berada di Kejari Way Kanan. Sedangkan Hakim di Pengadilan Negeri Blambangan Umpu, dan Terdakwa di Lapas kelas II B Way Kanan.

Kepala Kejaksaan Negeri Way Kanan, Mochamad Judhy Ismono, S.H.,M.H, didampingi Kepala Seksi Intelijen, Marryon Hariputra mengatakan, untuk barang bukti, setelah diperiksa kemudian dibawa ke Kejari.

“Selanjutnya disimpan di gudang Barang Bukti Kejari Way Kanan. Komunikasi dilakukan melalui sarana bicon,” kata dia, melalui siaran pers yang dikirim melalui pesan WhatsApp, Rabu (01/04/2020).

BACA JUGA:  Satuan Sabhara Polres Pringsewu Simulasi Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian

Judhy menambahkan, sebelum sidang melalui vico, pihaknya lebih dulu berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri, Lapas kelas II B, dan Polres Way Kanan, termasuk kriminal jati sistem.

Sidang dengan cara vicon ini untuk tahap pertama, telah dilaksanakan pada 30 Maret 2020.

Ada delapan agenda sidang yang salah satunya, sidang AN anak Darwinto Bin Wasiman, yang melanggar pasal 363 Ayat (1) KUHPidana dengan agenda pemeriksaan saksi.

BACA JUGA:  Pilkada Serentak 2020 Way Kanan Lampung Tanpa Calon Independen

“Alhamdulillah untuk sidang tahap pertama berjalan lancar, sidang selesai sekitar pukul 15.30 WIB. Sidang dengan cara vicon ini, bertujuan agar tidak melakukan tatap muka langsung dalam upaya mencegah penyebaran virus corona, yang saat ini tengah mewabah di Indonesia,” jelasya.

Sidang secara online ini dilakukan, menindak-lanjuti Surat Jaksa Agung RI No. B- 049/A/SUJA/03/2020 tanggal 27 Maret 2020, tentang optimalisasi pelaksanaan tugas dan kewenangan.

“Ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Kejari,” pungkasnya. (*/Migo)