Video Conference, Bupati Tuba Rakor Bersama Gubernur Bahas Pencegahan Corona

25

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Bupati Tulang Bawang (Tuba), Winarti rapat koordinasi (Rakor) antisipasi penyebaran Covid-19, dengan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melalui video conference, Jumat (3/4/2020).

Dalam Rakor antisipasi Penyebaran Covid-19, Gubernur Lampung, Arinal menginstruksikan pemda menyiapkan sumber daya dan fasilitas kesehatan.

Kemudian, Arinal juga mengimbau kabupaten/kota untuk menyiapkan areal pemakaman bagi warga yang meninggal akibat wabah virus Corona.

Selain itu, lanjut dia, Pemda harus memantau secara persuasif kepada warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

BACA JUGA:  Pemkab Pringsewu Gelar Rakor Penanganan Covid-19

“Untuk APD lengkap, Rapid Test, dan Thermo Gun sedang dalam proses pengadaan. Nantinya, akan disebar ke 30 Rumah Sakit rujukan di seluruh Kabupaten/Kota di Lampung,” jelas Arinal.

Dikatakan dia, Pemrov Lampung dalam penanganan Covid-19, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp246 Miliar.

“Kepada bupati/walikota, saya minta melakukan refocusing anggaran yang nantinya dilaporkan ke pemerintah pusat,” imbuhnya.

Ditambah Arinal, kepala daerah juga harus memastikan ketersediaan bahan pokok untuk masyarakat, dan mensosialisasikan imbauan pencegahan Covid-19, termasuk maklumat Kapolri agar dipatuhi hingga tingkat Desa.

BACA JUGA:  Sekda Tubaba Nopriwan Pimpin Rapat Kewenangan Camat

Sementara itu, Bupati Tuba Winarti dalam Rakor Video Conference menjelaskan kepada Gubernur Lampung, beberapa langkah strategis penanganan Covid-19 sesuai arahan pemprov dan pusat, maupun terobosan yang dilakukan Pemkab Tuba.

“Untuk antisipasi corona, sejumlah arahan pemprov dan pemerintah pusat telah kami laksanakan,” kata Winarti.

Bupati Tuba juga berharap adanya dukungan pemerintah dan semua pihak agar antisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Tuba dapat maksimal, demi kepentingan dan keselamatan masyarakat. (ogi/rls)