Kadiskes Lamsel Ungkap Warga Lamtim ODP Corona

57

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG SELATAN-Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Lampung Selatan, dr Jimmy Bangas Hutapea MARS membenarkan RSUD Bob Bazar
merawat, warga Lampung Timur (Lamtim), saat pulang dari Pelabuhan Merak, Provinsi Banten ke Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dengan tujuan Kabupaten Lamtim.

Dikatakan dia, warga Lamtim itu telah diobservasi oleh pihak RSUD Bob Bazar. Namun, lanjut Jimmy, wanita muda tersebut bukan dalam status Pasien Dalam Pemantauan (PDP) virus Corona atau Covid-19, melainkan dalam status Orang Dalam Pemantauan (OPD).

“Masih di observasi di RSUD Bob Bazar, dan masuk kategori ODP,” jelas Jimmy tanpa merinci kriteria ODP warga Lamtim itu, Senin (6/4/2020).

Sebelumnya, RSUD Bob Bazar lagi-lagi dikabarkan merawat pasien yang diduga suspect Covid-19.

Diperoleh informasi, seorang wanita muda penumpang kapal roro dari Pelabuhan Merak, Provinsi Banten menuju Pelabuhan Bakauheni Kabupaten Lamsel.

Menurut informasih yang dihimpun headlinelampung.com, penumpang yang memiliki alamat di wilayah Kabupaten Lamtin tersebut diduga pasien dalam pemantauan (PDP) yang berhasil kabur dari sebuah rumah sakit di Pulau Jawa, Senin (6/4/2020).

BACA JUGA:  Bupati Lamtim Pimpin Rakor Penanganan Covid-19

“Selamat pagi.. sekedar info, tadi pas trip pertama keberangkatan jam 8 dari merak ada penumpang positif covid-19, keterangannya penumpang tsb dari Jakarta pdp yg berhasil kabur dari RS.

Pas di cek di dermaga merak eksekutif suhu badan normal di karenakan pdp tsb sudah minum paracetamol, sesampainya di dermaga eksekutif bakau pdp tsb lanjut ke arah terminal bus mau naik travel.

Setelah sudah dapet travel pdp itu baru mengakui kepada sopir travel bahwa dirinya positif Covid-19.

Dan pdp itu, langsung dibawa petugas ke Klinik kesehatan dermaga reguler (info dari Capt.Mardani).

Sesudah naik di kapal sebuku pdp itu kelihatan gelisah liat sekitarnya dan duduk sendirian di ruang Bougenville sebelah kanan.

BACA JUGA:  Seorang Ayah Di Pringsewu Lampung Tega Setubuhi Anak Tiri Hingga Hamil

Untuk saat ini ruangan tsb sudah di sterilisasi sama petugas cleaning grup mandor Aco,” sebut sebuah informasi dari grup WhatsApp.

Sementara, Kapolres Lampung Selatan (Lamsel), AKBP Edi Purnomo membenarkan terkait informasi seorang penumpang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni dirujuk ke RSUD Bob Bazar.

“Yang bersangkutan panas tinggi 38,3 sehingga supir travel mengantar ke (Posko) Kesehatan Pelabuhan Bakauheni. Kemudian, langsung dirujuk ke RS Bob Bazar untuk pemeriksaan lebih lanjut,” sebut Edi Purnomo dalam pesan WhatsApp.

Terpisah, Humas PT ASDP Cabang Pelabuhan Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap membantah penumpang tersebut merupakan PDP.

Dikatakan Saiful, kondisi penumpang menurut keterangan petugas medis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memang sedang sakit, namun bukan karena Covid-19.

“Informasinya belum valid Mas. Saya tanya ke KKP memang dia sedang sakit tapi bukan karena covid-19,” tukasnya.(ricky oktoro)