Cegah Covid-19, Polsek Gunungsugih Pantau Pemudik dan Santri

143

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Untuk mengantisipasi merebaknya penularan virus Corona atau Covid-19, Polsek Gunungsugih Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) memantau para pemudik dan santri yang pulang dari Pulau Jawa.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolsek Gunungsugih Iptu Deshorison kepada Headlinelampung di ruang kerjanya, Selasa (7/4/2020).

Menurutnya, saat ini jajaran Polsek Gunungsugih, terus melakukan pemantawan terhadap warga yang mudik dari pulau Jawa.

Dikatakan dia, beberapa hari yang lalu menyambut kedatangan rombongan santri yang mudik dari Ponpes Lirboyo Kediri Jawa Timur.

BACA JUGA:  Bupati Lamteng Musa Pilih Ngantor di Kampung, Kali ini di Kecamatan Seputih Banyak

Dijelaskanya, sebanyak 76 santri yang pulang dari Ponpes Lirboyo Kediri Jamtim tersebut menumpang dua bus disambut oleh Pimpian Ponpes Walisongo Wates Bumiratu Nuban, Gua Ulum dan Forkupincam Kecamatan Bumiratu Nuban.

“Setelah penyambutan para santri, dilakukan sterilisasi oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lamteng. Dan dari hasil pemeriksaan tim medis para santri tersebut dinyatakan negatif,” terangnya.

Namun, meski hasil pemeriksaan medis negatif, mereka tetap harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

BACA JUGA:  Polsek Bangunrejo Berbagi Bansos untuk Imam Masjid dan Purnawirawan Polri

“Agar warga tidak tertular virus corona,
jajaran Polsek Gunungsugih terus melakukan sosialisasi kesimpul-simpul tempat masyarakat berkumpul,” tegasnya.

Kapolsek juga menghimbau bagi para pemudik yang pulang sendiri, tidak dalam rombongan agar segera melakukan pelaporan kepada tim medis kecamatan atau aparatur kampung.

“Kalau yang pulang secara rombongan bisa kita pantau. Namun, yang pulang sendiri-sendiri ini yang sulit kita deteksi,” pungkasnya. (Gunawan)