Pemdes Gunung Tiga Bersama Relawan Bangun Posko Covid-19

89

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TIMUR-Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Tiga Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), mendirikan Posko Pencegahan dan Penanggulangan virus Corona atau Covid-19.

Kades Gunung Tiga, Helmi mengatakan, pemdes bersama relawan telah mendirikan Posko Pencegahan dan Penanggulangan virus Corona atau Covid-19 di Dusun satu desa setempat.

Dikatakan dia, posko itu dijaga oleh seluruh perangkat desa dan relawan juga tim medis Puskesmas.

“Warga yang masuk akan melewati posko karena mulai hari ini posko mulai diaktifkan,” katanya.

BACA JUGA:  Peringati Hari Raya Idul Adha, Polres Way Kanan Potong 11 Hewan Kurban

Helmi mengatakan, dalam pelaksanaan teknis pemeriksaan, seluruh masyarakat yang melintas dan masuk, baik dari luar desa atau warga lokal yang baru datang akan diperiksa.

Sedangkan, lanjut dia, bagi perantau yang terlanjur mudik, diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

“Kita fokus pada pencegahan penyebaran Virus Corona. Maka di posko juga ada screening dan penyemprotan disinfektan pada setiap kendaraan yang datang juga warga yang baru datang dari luar kota, juga pengecekan suhu badan dengan termogun,” jelas Helmi.

BACA JUGA:  PENGUMUMAN PENDAFTARAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN WAY KANAN TAHUN 202O

Kemudian, lanjut dia, untuk perantau yang datang akan didata dan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari.

“Jika mengeluh sakit, segera lapor kepada perangkat desa atau Bidan desa dan pihak puskesmas terdekat,” imbuhnya.

Dikatakannya, pendirian posko sebagai upaya antisipasi dini penyebaran Virus Corona, sesuai dengan imbauan Pemkab Lamtim.

“Nantinya, dalam memantau posko, seluruh dilibatkan seperti perangkat desa, Babinsa dan elemen masyarakat yang berpartisipasi seperti ormas Pemuda Pancasila (PP), Karang Taruna dan lainnya,” pungkasnya. (Iman)