Cegah Covid-19, Polres Tuba Pasang Baliho Tidak Mudik

29

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Berbagai cara dilakukan Polres Tulang Bawang (Tuba) untuk mengedukasi warga agar tidak mudik di tengan pandemi virus corona atau Covid-19.

Seperti yang dilakukan oleh petugasnya, Minggu (12/04/2020) siang, dengan memasang sejumlah baliho di beberapa lokasi yang dianggap strategis.

Kapolres Tuba, AKBP Andy Siswantoro, SIK mengatakan, sebanyak 12 unit baliho yang telah dipasang untuk mengedukasi warganya agar tidak mudik guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Dijelaskannya, lokasi pemasangan baliho diantaranya, di jalan lintas timur (Jalintim) wilayah Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala dan Kampung Lebuh Dalem, Kecamatan Menggala Timur.

Kemudian, di jembatan kembar perbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), di depan Mako Brimob Subbden III Menggala, di simpang arah pintu tol Lambu Kibang dan di Jalintim, Kampung Bujukagung, Kecamatan Banjar Margo.

BACA JUGA:  Polsek Negara Batin Way Kanan Amankan Pencuri Sepeda Motor

Menurut AKBP Andy, pemasangan baliho itu sebagai langkah untuk mengingatkan masyarakat, agar keluarga mereka tidak mudik atau pulang kampung.

“Imbau melalui baliho itu, masyarakat diharapkan cukup tinggal di rumah untuk sementara waktu hingga pandemi virus corona berakhir,” ujar Kapolres Tuba, Senin (13/4/2020).

Dikatakan dia, pemasangan imbau jangan mudik lebaran tersebut, salah satu rangkaian kegiatan dari Operasi Aman Nusa II Krakatau 2020 guna mencegah penyebaran virus corona.

“Kita tahu bahwa di Indonesia sudah menjadi tradisi mudik di saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, dengan adanya pandemi virus ini, maka pemerintah telah menegaskan agar masyarakat tidak melakukan mudik untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus,” terang AKBP Andy.

BACA JUGA:  Polres Pringsewu Amankan 33 Tersangka Narkoba

Jadi, lanjut dia, masyarakat diharapkan dapat mematuhi dan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk tidak mudik, karena dengan berkerumun atau tidak adanya jarak fisik bisa mempercepat penularan virus corona.

“Himbauan untuk tidak mudik berupa baliho telah kami pasang di tempat-tempat yang dianggap strategis. Harapan kami, agar warga melaksanakan apa yang menjadi kebijakan dari pemerintah dan semoga pemdemi virus corona (covid-19) cepat berlalu,” pungkasnya.(ndo)