Disnaker Ajak Warga Tanggamus Daftar Program Kartu Prakerja

146

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tanggamus mengajak masyarakat yang masuk dalam kriteria kartu penerima kerja untuk segera mendaftarkan diri melalui situs resmi yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

Kepala Disnaker Tanggamus, Mukifli Novem didampingi Kabid Tenaga Kerja Muaiyin Zen, menerangkan bahwa kartu prakerja merupakan program dari pusat yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan kesempatan bagi para pencari kerja, pekerja buruh yang terkena dampak dari pemutusan hubungan kerja, atau pekerja/buruh yang sedang membutuhkan dukungan finansial.

“Ini program dari pusat dan diterapkan di seluruh provinsi, lalu ditindaklanjuti hingga ke kabupaten/kota, kita dalam hal ini sifatnya memfasilitasi agar program tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat Tanggamus, adapun ketentuannya semua ada dipusat,” kata Mukfili Novem.

BACA JUGA:  Tok! Pendaftaran Resmi Ditutup, Pilkakam Lembasung Kabupaten Way Kanan Hanya Dua Bakal Calon

Mukifli menerangkan, adapun ketentuan penerima kartu prakerja sesuai dengan apa yang menjadi arahan dari pusat dan telah disebarluaskan ialah berusia 18 tahun ke atas, warga Indonesia tidak sedang dalam pendidikan formal, dan diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda, serta pekerja yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19, seperti pelaku UMKM ojek online, pekerja industri pariwisata.

“Untuk informasi dan pendaftaran kartu prakerja dapat diakses, melalui situs resmi program kartu prakerja, yaitu http://www.prakerja.go.id dan http://www.prakerja.kemnaker.go.id,”ujarnya.

BACA JUGA:  Simak! Tiga Pesan Penting Pj. Bupati Tubaba Saat Melantik Pj. Kepalo Tiyuh dan Kepalo Tiyuh Serentak

Ia berharap, warga Tanggamus dapat memanfatkan program tersebut dengan baik, terlebih menurutnya ini merupakan kesempatan yang baik ditengah masyarakat menginginkan pekerjaan.

Menindaklanjuti program tersebut menurutnya Pemkab Tanggamus telah menyampaikan surat yang ditujukan kepada seluruh camat agar menyampaikan segera informasi tersebut kepada masyarakat.

“Surat atas nama Bupati Tanggamus yang ditandatangani oleh asisten bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat telah kita sampaikan, kepada seluruh camat dan Alhamdulillah camat menyambut baik program tersebut dan akan disampaikan kepada masyarakat,” tandasnya. (Andi/Rudi)