Antisipasi Penyebaran Covid-19, Bupati Lamtim Tinjau Posko Perbatasan

22

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TIMUR-Bupati Lampung Timur (Lamtim), Zaiful Bokhari melakukan antisipasi terhadap masyarakat yang masuk Kabupaten Lamtim di jalur perbatasan antar kabupaten.

Disela-sela kesibukannya, Bupati Zaiful
berkeliling meninjau Posko Perbatasan Pencegahan dan Penularan Covid-19, dapur Umum TNI-Polri, dan UMKM pembuatan masker di Kecamatan Sribhawon, Jumat (17/4/2020).

Dalam peninjauannya itu, Bupati Lamtim didampingi Dandim 0429/Lamtim, Letkol Kav Muhammad Darwis, Kapolres AKBP Wawan Setiawan, Kepala Dinas Sosial, Darmuji, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Yudi Irawan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Mashur Sampurna Jaya, Camat Bandarsribhawono, M. Saleh, serta jajaran TNI Polri.

Bupati Lamtim, Zaiful Bokhari mengatakan, bahwa posko-posko tersebut dibangun untuk membantu warga masyarakat.

BACA JUGA:  Pemkab dan BPS Lampura Sosialisasi-Rakor Sensus Penduduk Satu Data Tahun 2020

“Alhamdulillah kita dirikan posko-posko tersebut, dalam rangka membantu dan semoga bermanfaat masyarakat,” kata Bupati Zaiful.

Menurut dia, perlu adanya monitoring untuk mempersiapkan arus mudik menjelang bulan ramadhan dan hari raya idhul fitri.

“Terkait posko yang ada di setiap perbatasan, kita mau monitoring apakah ada yang perlu ditambah dan kita persiapkan dalam menghadapi arus mudik,” ujarnya.

Dikatakan dia, saat pandemi Covid-19 sudah ada beberapa daerah telah menerapkan Lockown, dan di Kabupaten Lamtim untuk sementara jumlah arus mudik belum terlalu banyak.

“Kita harap mudah-mudahan, yang mudik tidak bertambah banyak. Karena, sudah kita imbau warga untuk tidak mudik dulu, baik yang ada di Lamtim
maupun dari daerah yang terdampak Covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA:  Puluhan Warga Dua Kelurahan Kota Metro tak Tersentuh Bantuan

Bupati Lamtim juga menyatakan, jumlah ODP covid-19 di Kabupaten Lamtim sudah berkurang, dan terkait rumah isolasi yang ada disetiap desa sudah siap untuk digunakan.

Ditambahkan dia, untuk pembuatan masker oleh UMKM di Kabupaten Lamtim, adalah bentuk perhatian pemerintah daerah.

“Covid-19 ini juga berimbas, dengan pendapatan masyarakat. Jadi, kerjasama produksi masker ini adalah sebagai bentuk support, pemda dengan memberikan peluang kepada UMKM setempat terutama ibu-ibu PKK,” pungkasnya. (*/edwar)