Lakukan Reses, Mukhlis Tinjau Posko Covid-19 Kabupaten Tanggamus

36

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Kegiatan reses di daerah pemilihan (Dapil), benar-benar dimanfaatkan oleh anggota DPRD Lampung, Mukhlis Basri.

Dalam kegiatan reses kali ini, Politisi Partai Gerindra tersebut selain mensosialisasi Perda Lampung juga melakukan peninjauan Posko Terpadu Percepatan Penanganan Covid-19 di Pekon Way Jahe Kecamatan Pugung, dan Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor BPBD Kabupaten Tanggamus. Sabtu (18/04/2020).

Dalam kunjungan itu, Mukhlis didampingi Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Tanggamus, Hajin M. Umar dan anggota Fraksi Gerindra, Hardiyus.

Saat mengunjungi Posko Covid-19 Pugung, Mukhlis selain menanyakan kesehatan petugas juga ketersediaan alat perlindungan diri (APD).

Selanjutnya, mantan Sekda Kabupaten Tanggamus itu, sebelum meninggalkan Posko Covid-19 memberikan bantuan kepada petugas diantaranya, masker, air mineral, susu steril dan nasi kotak.

BACA JUGA:  Bupati Tanggamus: Pencak Silat Lestarikan Budaya

“Bantuan yang diberikan itu, mungkin nilainya tidak seberapa, hanya sebagai bentuk kepedulian kepada para petugas dilapangan yang bahu-membahu dalam pencegan Covid-19,” ujarnya.

Terkait tinjauannya di Posko Covid-19, Mukhlis melihat fasilitas yang telah disiapkan oleh Pemkab Tanggamus sudah sesuai dengan SOP. Namun, dilapangan para petugas menyatakan masih kurangnya kesadaran masyarakat yang baru pulang dari merantau, dalam mengikuti imbau pemerintah untuk mengisolasi diri secara mandiri.

“Kendala-kendala ini, yang akan menjadi salah satu bahan kami untuk dibahas di provinsi. Dengan harapan, untuk kedepannya semua unsur dapat terlibat misalnya, tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat ikut memberikan pengertian kepada warga,” jelasnya.

BACA JUGA:  Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Lapas Kota Agung Gelar Razia Blok Kamar Hunian WBP

Jadi, lanjut dia, tidak bisa hanya mengandalkan petugas kesehatan, petugas desa, segala unsur masyarakat harus ikut melibatkan diri dengan cara mengimbau warga yang baru pulang mudik, untuk mengikuti mengikuti anjuran pemerintah, tujuannya adalah untuk menyelamatkan keluarganya sebab ditakutkan warga itu terjangkit Covid-19.

Muklis berharap, situasi Kabupaten Tanggamus masuk zona wilayah hijau Covid-19 dapat terus dipertahankan.

“Saya sangat bersyukur sampai saat ini, wilayah Kabupaten Tanggamus masih zona hijau Covid-19, dan ini harus diapresiasi,” ujarnya.

Namun, ditambahkan Mukhlis petugas dan stake holder di Kabupaten Tanggamus tidak boleh lengah, karena menjelang lebaran ada lonjakan pemudik. ( Andi/Rls)