Rombongan Santri Ponpes Al-Fatah Pulang Kampung di Kabupaten Tuba Diperiksa Suhu Badannya

143

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Rombongan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur (Jatim), yang pulang kampung ke daerah Kabupaten Tulang Bawang diperiksa kondisi kesehatannya sesuai protokol penanganan Covid-19.

Wakapolres Tulang Bawang (Tuba), Kompol Eko Nugroho, SIK mewakili Kapolres AKBP Andy Siswantoro, SIK mengatakan, rombongan santri tersebut diangkut dengan armad bus PO INDO TRANS, No Pol AA 1601 DA
dan tiba sekira pukul 10.30 WIB, di Masjid Baiturrahman, Islamic Center, Menggala kabupaten setempat.

“Petugas langsung memeriksa kesehatan 27 santri, sesuai standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan,” ujar Kompol Eko yang hadir langsung dilokasi.

Bahkan, lanjut Kompol Eko Nugroho, kendaraan bus yang membawa santri Ponpes Al-Fatah Pulang Kampung di Kabupaten Tuba, langsung kami semprot dengan menggunakan desinfektan berikut barang-barang bawaan para santri.

BACA JUGA:  Pameran dan Kontes Bonsai Tubaba Diikuti 26 Bonsai dari Lampung Barat

“Satu persatu, santri turun dari dalam bus langsung mencuci tangan, dengan menggunakan sabun dan air yang telah kami sediakan,” ujarnya.

Kemudian, kata Wakapolres para santri disemprot badannya dengan menggunakan desinfektan, dan pengecekan suhu badan oleh petugas dengan menggunakan thermo scanner, lalu dicatat identitas dan nomor handphone (HP) yang bisa dihubungi.

Menurut dia, meskipun para santri telah lulus pengecekan suhu badan bukan berarti bisa dikatakan bebas dari virus corona, karena ada orang tanpa gejala (OTG) tiba-tiba sudah terpapar virus tersebut.

“Untuk itu, kami harapkan agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing. Apabila ada gejala yang mengarah terpapar covid-19 untuk segera melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat guna dilakukan tindakan lebih lanjut,” jelasnya.

BACA JUGA:  Camat Tulang Bawang Udik Tubaba Gelar Operasi Yustisi di Dua Tiyuh

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0426 Tuba, Letkol Inf Kohir, Wakapolres, Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto, SH, Kapala Kesbangpol, Hamami Ria, Kadis Kesehatan, Fatoni, Kabag Sumda Kompol, Wahyu Andi Saputra, SH, Kasat Sabhara, AKP Anas Sobirin, SE, Kasat Lantas, Iptu Ipran, SH, Kasat Binmas, Iptu Joni AB, Pasi Ops Kodim, Kapten Inf LE Sihombing, Pasi Intel Kodim, Kapten Inf Sutio dan Danramil Menggala, Kapten Inf Arif Afuan. (ndo)