Belanja APD Covid-19 Pemdes Sinarbandung Ngutang di Toko

25

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Ternyata, tidak semua desa di Kabupaten Pesawaran yang sudah menyiapkan dana desa untuk kegiatan pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Salah satunya adalah, Desa Sinarbandung, Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Pemerintah desa (Pemdes), Sinarbandung harus mencari dana talangan atau kasbon untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19.

“Dana desa tahap pertama, tidak bisa digunakan untuk pembelian APD Covid-19. Karena, pengunaan alokasi dana desa untuk tahap pertama sudah ada di masing-masing pos kegiatan,” kata Lukman kepada headlinelampung, Jumat (24/4/2020).

BACA JUGA:  Wakil dari Pesawaran Terpilih Menjadi Mekhanai Provinsi Lampung

Dijelaskanya, dana desa Sinarbandung termin pertama telah habis digunakan diantaranya, untuk membayar aparat desa, seperti kaur sampai rukun tetangga (RT), membeli mobil serta untuk membangun jalan beton sepanjang 100 meter.

Menurut Lukman, untuk mengikuti instruksi pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Pemdes Sinarbandung harus mencari dana talangan atau kasbon di Toko Harmoko, untuk pembelian APD Covid-19.

BACA JUGA:  Pemkab Pesibar Gelar Rapat Persiapan Pengamanan Nataru

“Total hutang kami di toko tersebut sebesar Rp15 juta, untuk pembelian sepatu bot 5 pasang, teng semprot 4, helem 5 berserta obatnya,” ujarnya.

Ditambahkan Lukman, hutang pembelian APD Covid-19 tersebut, akan dilunasi Pemdes Sinarbandung apabila dana desa termin kedua sudah bisa dicairkan. (mali/muksin)