UPT Puskesmas Desa Trimulyo Terima Bantuan APD

212

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Petugas kesehatan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Desa Trimulyo Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran, kini lebih tenang dalam melayani masyarakat di tengah pandemi corona virus disease (Covid-19).

Hal itu setelah mereka, menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran diantaranya, 12 kacamata, 12 sepatu bot, masker 6 box, sarung tangan 6 box, dan termogan 1 unit.

‘Alhamdullilah mas, bantuan APD Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesawaran 2 minggu lalu sudah kami terima, sehingga tidak tenaga medis tidak merasa khwatir lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Kepala UPT Puskesmas Desa Trimulyo, dr Pirjin, Sabtu (26/4/2020).

BACA JUGA:  Usai Cuti Kampanye, Bupati Way Kanan Hadiri Pengajian Rutin di Pondok Pesantren

Dikatakan dia, selain APD pihaknya juga mendapat bantuan cairan disinfektan dan bantuan lainya, untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Pirjin, APD dibutuhkan sebagai sarana proteksi diri. Sebab, pihak Puskesmas juga tidak mengetahui secara pasti kondisi setiap pasien yang datang.

“Kami bersama aparat desa, selalu memberikan edukasi dan mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat agar tidak terjangkit virus Corona,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pembunuh Warganya Ditangkap, PSHT Beri Piagam ke Polres Mesuji

Bahkan, lanjut dia, warga desa juga diimbau untuk segera memeriksa kesehatannya ke Puskesmas bila ada keluhan penyakit mendadak.

Kendati demikian, dr Pirjin memastikan sejauh ini belum ada warga di wilayah Kecamatan Tegineneng yang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) maupun positif Covid-19.

“Sampai saat ini, warga PDP Covid-19 tidak ada. Namun, untuk orang dalam pengawasan (ODP) sudah ada sebanyak 3 orang, yang tersebar di tiga desa yakni, Desa Sriwidari, Margo Mulyo dan Trimulyo,” pungkasnya. (mali /muksin)