Dokter asal Lampung Selatan Positif Covid-19

26

HEADLINE LAMPUNG, LAMPUNG SELATAN – Kasus pasien positif terinfeksi virus Corona atau Coronavirus Desease (Covid-19) di Lampung bertambah empat orang, Senin (4/5/2020).

Satu dari empat pasien positif Covid-19 tersebut berasal dari Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, menjelaskan riwayat pasien positif nomor 53, laki-laki, usia 70 tahun dan berprofesi sebagai dokter praktik mandiri di Kecamatan Kalianda.

“Riwayat pasien nomor 53 tersebut diketahui sempat merawat pasien dalam pengawasan atau PDP yang baru pulang dari Tangerang, Banten,” ujarnya, Senin malam.

Dijelaskan, pada 11 April 2020, dokter itu menerima kunjungan berobat dari pasien inisial KA, warga Kecamatan Rajabasa, Lamsel dan disarankan dirujuk ke RSUD pemkab setempat

BACA JUGA:  Pelesiran ke Luar Negeri, ASN Pemprov Diberikan Sanksi

“Diketahui, KA ditetapkan sebagai PDP dengan hasil swab negatif,” kata Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung itu.

Sejak 13 April 2020, lanjut dia, dokter tersebut sudah tidak lagi membuka praktik.

Lalu pada 17 April 2020, dokter itu mendatangi RSUD Bob Bazar Lamsel untuk melakukan rapid test dan hasilnya nonreaktif atau negatif.

“Pada 27 April 2020, penderita kembali mendatangi RSUD Pemkab Lamsel, dengan keluhan batuk dan kemudian dilakukan rapid test dan hasilnya kembali nonreaktif, negatif,” jelasnya.

Kemudian, petugas rumah sakit mengambil swab tenggorokan dan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Penderita juga langsung dirawat di Ruang Isolasi.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Terima Kunjungan Investor Cina di Mahan Agung

“Pada 28 April 2020, penderita dirujuk ke RS swasta di Bandar Lampung untuk selanjutnya melakukan pemeriksaan scaning,” terang Reihana.

Sesampainya di RS tersebut, dokter itu diperiksa dokter spesialis paru-paru, dengan keluhan sesak, batuk, demam, diare empat kali, lemas dan tidak nafsu makan.

Hasil lab, leukosit rendah dan hasil rontgen, efusi pleura sebelah kiri.

Kemudian pihak RS swasta menyarankan untuk melakukan perawatan terhadap pasien.

“Pada 2 Mei 2020, hasil pemeriksaan sampelnya diterbitkan Balai Besar Kesehatan Palembang dengan hasil pemeriksaan swab positif,” ungkap Reihana. (ricky)