PPDB MTs Negeri 1 Tanggamus Melalui Online

106

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Guna mencegah penyebaran Covid-19, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Tanggamus Tahun Ajaran 2020/2021 dilakukan secara daring atau online.

Kepala MTs Negeri 1 Tanggamus, Fathul Bari mengatakan, PPDB akan dilakukan pada 11 sampai dengan 20 Mei tahun 2020.

Menurut Fathul, pelaksanaan PPDB MTs secara online, baru pertama dilakukan, karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan siswa stay home dan himbauan social distancing.

“Jadi, untuk pendaftaran siswa baru tahun ajaran baru 2020/2021 dilakukan secara daring atau online,” kata Fathul Bari didampingi Ketua Komite, Herwan Rozali, Selasa (05/5/2020).

Dikatakan Fathul, bila pendaftaran siswa baru dibuka secara offline, dikhawatirkan terjadi kerumunan banyak orang di sekolah.

BACA JUGA:  Cegah Covid-19, Dishub Imbau Warga Tubaba Tidak Mudik Lebaran

Selain itu, ujar Fathul Bari, pelaksanakan PPDB secara daring ini juga sebagai bentuk pemanfaatan teknologi dalam sistem pelayanan pendidikan di madrasah.

“Memang sudah saatnya juga menerapkan PPDB online, karena kita ada di zaman revolusi industri 4.0 yang setiap anak rata-rata sudah pegang android. Maka model PPDB online memudahkan mereka daftar sekolah dengan cepat dan mudah dengan mengakses internet bisa langsung dari rumah,” katanya.

Dengan PPDB online, ujarnya, calon siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk mendaftar. Hal ini memudahkan orang tua terutama yang rumahnya jauh agar tidak susah-susah mengantarkan anaknya.
Dimana calon siswa baru yang melakukan pendaftaran online sudah disediakan link-nya, yaitu : https//mtsn1tanggamus.sch.id/.

BACA JUGA:  Kwarcab Pringsewu Ikuti Upacara Pelantikan Mabida, dan Kwarda Lampung Secara Virtual

“Jadi mereka tinggal membuka alamat link dan mengikuti instruksi berikutnya,” imbuhnya.

Dijelaskanya, calon siswa yang mendaftar PPDB online bisa mengikuti alur pendaftaran berikut:
Buka Google di HP atau laptop anda.
Ketik alamat link http://mtsn1tanggamus.sch.id/
Isi data yang ada di form.

Dengan melakukan pendaftaran online, lanjutnya, secara otomatis anak tersebut sudah terdaftar sebagai calon siswa baru. Kemudian mereka akan mengikuti serangkaian tes akademik dan tes baca al-Quran.

“Untuk tes akademik kita lakukan secara online. Dan untuk tes baca alquran, kami memanfaatkan video call dalam aplikasi WhastApp,” pungkasnya.(Andi/rud)