Mudik, ASN Kota Metro Terancam Sanksi Hukuman Disiplin

11

HEADLINELAMPUNG, METRO-Ini warning bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Metro, agar tidak melakukan mudik atau bepergian ke luar daerah guna pencegahan covid-19. Jika melanggar, terancam sanksi hukuman disiplin.

Sekretaris Kota (Sekkot) Metro, A Nasir AT menegaskan, menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN dan RB), nomor 46 tahun 2020, tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah, dan/atau mudik dan cuti bagi ASN dalam upaya pencegahan covid-19, Pemkot Metro menerapkan pembatasan ke luar daerah atau mudik bagi ASN Pemkot Metro, dalam rangka pencegahan covid-19.

BACA JUGA:  Dugaan Kekerasan Verbal Wartawan, Polres Tubaba Silahturahmi ke PWI

“Pelanggaran atas ketentuan ini, terancam sanksi hukuman disiplin, sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), nomor 11/SE/IV/2020, tentang penjatuhan hukuman disiplin bagi ASN yang bepergian ke luar daerah atau mudik,” kata Nasir, Minggu (10/5/2020).

Ia meneruskan, pihaknya juga meminta agar kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam lingkup Pemkot Metro, untuk mensosialisasikan, memantau, serta memastikan bahwa seluruh ASN mematuhi ketentuan tersebut.

BACA JUGA:  Peduli, IDI Way Kanan Berikan Masker kepada Wartawan

“Kami meminta agar kepala OPD memantau dan memastikan ASN yang ada agar mematuhi ketentuan tersebut,” ujar dia.

Menurutnya, jika ternyata ada ASN yang tetap melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah atau mudik, maka kepala OPD harus memberikan sanksi dengan tembusan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKP-SDM).

“Jadi, kalau ternyata ada ASN yang tetap melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah atau mudik, harus diberikan sanksi,” ungkap dia. (dwi)