Sepekan, Luapan Sungai Way Semangka Lambar Tiga Kali Sebabkan Banjir

57

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Dalam sepekan, air sungai Way Semangka yang memisahkan dua Kecamatan yakni Kecamatan Belalau dan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sudah tiga kali meluap dan menyebabkan banjir.

Sungai Way Semangka yang juga melewati tiga Pekon yakni Pekon Kerang, Kecamatan Batu Brak dan Pemangku 2 Pekon Bedudu serta Pemangku 2 Pekon Sukarame, Kecamatan Belalau ini pertama kali meluap pada minggu (03/05), dan yang kedua Sabtu (09/05), dan hari ini Senin malam (11/05/2020).

BACA JUGA:  Tekan Angka DBD, Dinkes Lambar Lakukan Fogging dan Bagikan Bubuk Abate

Peratin Pekon Bedudu, Alexander Metias kepada Headline Lampung mengatakan, jika sebelumnya belum pernah terjadi banjir sesering ini walaupun pada musim penghujan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Hal ini butuh perhatian khusus dari pemerintah, bersama kita harus mencari penyebab dan juga solusinya, karena setiap kali banjir, warga pasti akan terkena dampaknya, karena biarpun tidak merusak pemukiman warga secara signifikan namun yang pasti banjir akan merusak lahan persawahan warga, dan itu menyebabkan kerugian yang tidak sedikit,” ungkap alex

BACA JUGA:  Ditlantas Polda Lampung Sambangi Kampung Tertib Lalu Lintas di Lampura

Diketahui meluapnya air sungai kali ini disebabkan hujan yang tidak seberapa deras dan lama, hujan mulai turun sejak pukul 13.30 hingga pukul 17.00, namun air sungai meluap hingga menyebabkan banjir sekitar satu meter. (Hendri)