Miris, 40 Persen Pengendara di Lambar Tidak Patuhi Protokol Kesehatan

5

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Komandan Kodim (Dandim) 0422 Lampung Barat Letkol CZI Benni Setiawan, ST., memimpin langsung operasi gabungan penegakan disiplin (Gaklin) protokol kesehatan, yang juga diikuti oleh anggota Polri, Dishub, Satpol-PP dan Dishub Lambar di jalur dua radin intan komplek perkantoran Pemkab Lambar Senin (15/6/2020).

Benni Setiawan saat dikonfirmasi mengungkapkan, dari hasil operasi yang digelar sekitar 40 persen masyarakat khususnya pengendara yang terjaring operasi tidak mematuhi protokol kesehatan khususnya tidak menggunakan masker.

“Masyarakat kita yang masih belum menyadari pentingnya menerapkan protokol kesehatan masih tinggi persentasenya sekitar 40 persen yang kita temukan tidak menggunakan masker, alasannya karena lupa di rumah atau membawa tapi tidak dikenakan, ” ungkap Benni.

BACA JUGA:  Pulang dari Jakarta, Bupati Sujadi Rapid Test di RSUD Pringsewu

Terusnya, tujuan dari operasi yang digelar adalah untuk.membiasakan masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan covid-19, yang juga dilakukan dalam rangka menuju tahapan New Normal.

“Membiasakan masyarakat selalu menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan tempat-tempat keramaian diwajibkan menyiapkan alat mencuci tangan beserta sabunnya, minimal hand sanitizer,” kata Benni.

Sementara itu, karena masih dalam tahap imbauan secara masif, dengan maksud agar masyarakat tetap mentaati prosedur protokol kesehatan maka tindakan yang diambil apabila ditemukan pengendara yang membawa masker dan tidak dipakai maka wajib dikenakan.

BACA JUGA:  Sekda Tanggamus Tinjau Puskesmas, dan Salurkan Bantuan Pangan

“Sebaliknya jika saat ditanya pengendara tidak membawa masker atau maskernya ada dirumah, akan kita arahkan untuk putar balik mengambil maskernya di rumah. Sedangkan jika tidak memiliki masker sama sekali, maka kita akan berikan masker dengan cuma-cuma,” Imbuhnya. (Hendri)