Bangkitkan Pariwisata, Tanggamus Miliki Relawan Pokdarwis Covid-19

32

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Sebagai upaya membangkitkan kembali disektor Pariwisata di tengah Pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus terus berinovasi menyiapkan terobosan menuju New Normal.

Langkah yang dilakukan oleh Disparbudpora, adalah dengan dibentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yang menjadi relawan Covid-19 di setiap objek wisata di Kabupaten Tanggamus.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, serta untuk menegakkan kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Kadis Parbudpora Kabupaten Tanggamus, Retno Noviana Damayanti menyatakan, keberadaan Pokdarwis menjadi relawan Covid-19, merupakan bentuk terobosan yang efektif dan inovatif dilakukan didalam menghadapi new normal sektor kepariwisataan.

“Relawan Pokdarwis ini, tujuannya agar dalam mengelola destinasi wisata harus dan selalu menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Dengan begitu, para wisatawan akan merasa aman, nyaman, dalam menikmati keindahan panorama alam saat berwisata,” ujar Retno, Selasa (24/06/2020).

BACA JUGA:  Bupati Lamteng Kukuhkan Paguyuban Sound System dan Pramus Metta

Selain itu, lanjut dia, Disparbudpora juga melakukan inovasi baru dengan memberikan minuman menyehatkan yaitu, Jamu Kekinian sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kesehatan di tempat wisata.

Menurut Retno, dengan terobosan baru ini diharapkan masyarakat dan para wisatawan, dapat mengkonsumsi minuman tradisional ramuan leluhur bangsa lndonesia tersebut.

“Dengan minum jamu itu, masyarakat dan wisatawan dalam lawatannya senantiasa sehat dan segar selalu,” imbuhnya.

Dikatakan Retno, inovasi Disparbudpora itu sudah diterapkan pada destinasi wisata Air Terjun Way Lalaan dan Taman Wisata Muara lndah.

“Pengunjung bisa minum menyehatkan itu secara gratis. Karena, tiket masuk yang dibeli oleh pengunjung sudah termasuk dengan satu botol minuman Jamu Kekinian,” jelasnya.

BACA JUGA:  IGA 2022, Pesawaran Raih Penghargaan Kabupaten Sangat Inovative

Ditambahkan Retno, Jamu Kekinian
yang nikmat dengan rasa rempah-rempah, dan berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh adalah hasil produksi ekonomi kreatif masyarakat sekitar destinasi wisata, yang merupakan binaan dari Disparbudpora Kabupaten Tanggamus.

Untuk diketahui, Pokdarwis yang dibentuk sebagai Relawan Covid-19 ini, adalah Pokdarwis Air Terjun Waylalaan yang dikukuhkan Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani pada 9 Juni 2020 lalu.

Bupati Dewi mengharapkan, dengan dibentuknya relawan gugus tugas dari pokdarwis ini, akan menjadikan suatu tempat destinasi yang sehat.

“Dimana Protokol kesehatan akan dilaksanan dapat memberikan kenyamanan, keamanan bagi pengunjung,” pungkasnya. (Andi/rls)