Update Kasus Covid-19 Lampung Barat 24 Juni 2020: Positif Empat, ODP Delapan, PDP dan OTG Nihil

23

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Lampung Barat (Lambar) merilis data terkini kasus Covid-19, Rabu (24/6/2020).

Sebanyak delapan warga Lambar masuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sedangkan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil.

Untuk kasus positif Covid-19 sebanyak empat orang, dengan rincian tiga pasien sudah sembuh dan satu meninggal.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Paijo, saat melakukan Konferensi Pers di Aula Dinkes Lampung Barat, Rabu (24/6/2020).

Menurut Paijo, saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap delapan ODP tersebut, sudah dilakukan rapid test, dan akan dilakukan rapid test kedua pada sepuluh hari setelah rapid pertama.

“Kedelapan orang ODP ini merupakan warga Lampung Barat yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah yakni dua orang telah melakukan perjalanan ke Jakarta sedangkan lainnya pernah melakukan perjalanan ke Bandar Lampung, Salatiga Jawa Tengah, Demak Jawa Tengah, Malang Jawa Tengah dan Batu Raja Sumatera Selatan,” jelas Paijo.

BACA JUGA:  Jalan Rusak Parah, Truk Terguling di Jalan WR Supratman Karangrejo

Sedangkan berkaitan dengan meninggalnya bapak Abdullah Makmur (85), yang kemarin (23/6) dimakamkan sesuai protokol kesehatan Covid-19 karena sebelumnya berstatus reaktif hasil rapid test, dirinya mengaku pihaknya telah menerima secara resmi hasil swab dari Lab RSUDAM Selasa (23/6) sekitar pukul 16.11 Wib.

“Alhamdulillah hasil swab almarhum negatif, dalam hal ini juga pemerintah Kabupaten Lampung Barat telah mengambil langkah yakni melakukan rapid test terhadap keluarga almarhum, dan pagi ini sudah dilakukan dan hasilnya alhamdulillah non reaktif,” papar Paijo.

Sementara Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Lampung Barat, Maidar, yang juga selaku Sekretaris gugus tugas mengatakan, pihaknya menghimbau kepada semua lapisan masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan guna memutus penyebaran Covid-19.

BACA JUGA:  Warga Tanggamus Positif Corono 32 Orang

“Apalagi sekarang ini kita memasuki era New Normal, harus diingat bahwa Era New Normal ini bukan berarti kita normal dan sudah bebas dari Covid-19, tapi kita sekarang memasuki tatanan kehidupan normal baru, yakni tetap melakukan aktivitas kehidupan secara normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, rajin cuci tangan dengan air mengalir dan jangan lupa memakai masker, sehingga kita bisa bisa tetap semaksimal mungkin memutus penyebaran Covid-19 ini,” kata Maidar

“Dan terakhir apabila ada warga kita yang yang pernah melakukan perjalanan keluar daerah agar kiranya segera melapor kepada petugas terdekat atau pihak pemerintahan Pekon agar bisa kita lakukan pemantauan,” pungkasnya. (Hendri)