Ini Nomor Baru Layanan Kependudukan Online Disdukcapil Tanggamus

1181

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanggamus akan mengganti nomor layanan kependudukan online mulai 1 Juli 2020 mendatang.

Darma Setiawan, Sekretaris Disdukcapil mewakili Kadisdukcapil Tanggamus, Maradona mengatakan, layanan kependudukan online nantinya ada tiga nomor. Sedangkan, sembilan nomor layanan kependuduk online yang digunakan selama ini, sudah tidak berlaku lagi.

“Jadi, pelayanan online pada 1 Juli 2020 mendatang, nomornya berubah semua dari 9 ke 3 nomor. Digantinya, nomor layanan online tersebut, karena
selama ini nomor-nomor itu adalah nomor pegawai, operator kami,” ujar Darma, Kamis (25/06/2020).

Dijelaskanya, untuk nomor yang baru yakni, bagi layanan pembuatan KTP, KK, KIA, surat keterangan pindah datang di nomor 0812 7300 2135. Masyarakat tinggal kirim data lewat pesan di aplikasi Whatsapp di nomor tersebut.

BACA JUGA:  Tiga Tersangka Penganiayaan Berujung Kematian Warga Lamteng Ditangkap

Kemudian, layanan catatan sipil berupa pembuatan akta kelahiran, akta kematian, akta perceraian atau perkawinan menggunakan nomor 0812 7300 2137. Prosesnya juga sama kirim data lewat Whatsapp.

Kemudian untuk call centre di nomor 0821 7581 7823. Di nomor ini masyarakat bisa konsultasi, sampaikan keluhan, komplain untuk perbaikan dan lainnya.

Selanjutnya pengiriman data dilakukan setiap hari kerja Senin sampai Jumat dari pukul 8.00 WIB sampai 12.00 WIB. Selebihnya untuk memproses data yang masuk.

“Kami minta masyarakat cukup sekali saja kirimkan data, jangan berkali-kali. Tidak perlu khawatir tidak diproses. Kalau tidak langsung merespon sebab kami memproses data yang lebih dulu masuk,” terang Darma.

Menurut Ia, sosialisasi pergantian nomor ini sudah diedarkan ke kecamatan-kecamatan agar disebarkan lagi ke masyarakat. Sebab hanya tinggal beberapa hari lagi nomor layanan akan berubah.

BACA JUGA:  Residivis Kembali Berulah, Pinjam HP untuk Menghubungi Teman, Ternyata Dibawa Kabur

Dikatakannya, adanya perubahan nomor layanan ini untuk memudahkan pemusatan data. Selain itu, selama ini nomor yang dipakai adalah nomor pegawai disdukcapil Tanggamus.

Darma mengaku, sementara ini Disdukcapil Tanggamus belum bisa membuka layanan langsung. Layanan masih menerapkan sistem online guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Disdukcapil selalu ramai dikunjungi masyarakat, yang membuat dokumen kependudukan. Dikhawatirkan, dengan keramaian tersebut membuka peluang penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Ditambahkan Ia, solusinya layanan dialihkan ke online, dan masyarakat boleh datang ke Disdukcapil Tanggamus dengan catatan ada balasan dari operator untuk datang langsung.

“Masyarakat yang datang langsung,
hanya untuk perekaman. Karena, harus foto dan rekam kornea mata, sidik jari dan lainnya,” pungkas Darma.(Andi/rud)