Penyaluran BLT-DD secara Non Tunai di Kecamatan Sungkai Barat Lampura Lancar

194

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di empat desa yang berada di wilayah kecamatan Sungkai Barat, Lampung Utara (Lampura) berjalan lancar, Kamis (25/06/2020).

Ke empat desa tersebut yakni, Desa Comok Sinar Jaya, Desa Cahaya Emas, Desa Way Isem dan Desa Sinar Harapan.

Kepala DPMD Lampura, H. Wahab, yang diwakili Kabid PMD, Habibie mengatakan, penganggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) merupakan kewajiban Desa sebagai bentuk kepedulian dan pemberian stimulus kepada masyarakat desa yang terdampak pandemi COVID-19 ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

BACA JUGA:  Galakkan Germas, Pemkot Metro Kampanyekan Makan Telur

” Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan BLT-DD adalah dalam rangka membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19 hingga ke sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat,” ucapnya.

Lanjut dikatakannya, Sasaran penerimanya dari BLT-DD adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Kartu Pra Kerja.

” Penyaluran BLT-DD akan disalurkan selama 6 (enam) bulan terhitung sejak bulan April sampai dengan Juni 2020, dengan besaran per-bulan sebesar Rp 600.000,- selanjutnya, untuk bulan Juli sampai dengan September sebesar Rp 300.000,- dengan metode penyaluran dengan cara Non tunai atau disalurkan ke masing-masing rekening penerima setiap bulannya melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI),” ujarnya.

BACA JUGA:  Polres Tubaba Bagikan Masker Gratis untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Selanjutnya, Habibie, menghimbau dalam Pembagian BLT-DD harus tetap memperhatikan serta berpedoman pada protokol kesehatan, yaitu dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan menghindari timbulnya kerumunan warga yang berlebihan pada saat penyaluran BLT-DD ini.

” Semoga dengan adanya bantuan ini, dapat meringankan beban warga terutama dalam masa pandemi Covid-19 dan dapat dipergunakan sebaik mungkin,”harapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara buku tabungan KPM dan pengecekan saldo rekening secara simbolis.

Hadir Kepala Cabang Bank BRI Kotabumi, Camat Sungkai Barat, Kepala Desa Comok Sinar Jaya, Kepala Desa Cahaya Mas, Kepala Desa Way Isem, Kepala Desa Sinar Harapan, Forkopimcam Sungkai Barat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Masyarakat Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. (Rasul)