Bupati Tulang Bawang Serahkan BOP PAUD Tahap Pertama

19

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Pemkab Tulang Bawang (Tuba) menyerahkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan tahap satu tahun 2020.

Bantuan tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati Tuba, Hj. Winarti di rumah dinas (Rumdis) bupati setempat, Kamis (02/07/2020).

Bupati Tuba, Winarti mengatakan, BOP PAUD adalah program pemerintah yang disalurkan berdasarkan Permendikbud Nomor 13 dan Nomor 20 tahun 2020, denganbpenyalurannya dibagi dua tahap.

BACA JUGA:  Kadus di Lamsel Diduga Terima BLT Kemensos RI

“PAUD yang menerima BOP, diharapkan dapat mengelola dengan sebaik-baiknya, sesuai aturan dan petunjuk teknis yang ditetapkan. Terutama, pelaporan administrasi harus jelas dan tertib,” ujar dia.

Dikatakan Winarti, dengan adanya BOP PAUD dapat meningkatkan mutu dan kualitasnya, dan membantu meringankan beban masyarakat dalam membiayai sekolah anaknya di PAUD, apalagi di tengah situasi akibat dampak pandemi Covid 19, banyak masyarakat kesulitan ekonomi.

“Bantuan ini, sesuai dengan program Bergerak Melayani Warga (BMW),” imbuhnya.

BACA JUGA:  Wabup Lamteng Pantau Rapid Antigen di Kecamatan Terbanggi Besar

Menurut dia, BOP PAUD untuk tahap pertama diberikan kepada 238 PAUD yang tersebar di semua kecamatan, dengan rincian 4 PAUD Negeri dan 234 PAUD Swasta. Dengan rincian, BOP Rp300.000 per peserta didik, yang sudah terverifikasi pada Dapodik PAUD dan Dikmas.

Dalam kesempatan itu, Bupati Winarti juga mengajak pengelola PAUD ikut berperan mensosialisasikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di sekolah dan di lingkungan masyarakat. (nando)