Mantan Wagub Lampung-Tokoh Pendiri Way Kanan Subki Elyas Harun Berpulang, Adipati Berduka

225

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Innalllahi wainna ilaihi roojiuuun. Lampung kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Lampung periode 1980-1988 dan 1998-1990, Subki Elyas Harun, meninggal dunia di usia 83 tahun karena sakit, di RSUDAM Lampung di Bandar Lampung, Jumat (10/7/2020), pukul 21.40 WIB.

Meninggalnya tokoh dari Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan, meninggalkan duka bagi Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya.

Adipati menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya penggagas berdirinya Kabupaten Way Kanan itu.

Saat Subki terbaring sakit, Bupati Way Kanan beserta jajarannya membesuknya pada 16 Juni 2020.

Informasi yang didapat, jenazah Subki akan dimakamkan di Pemakaman Keluarga, kawasan Rajabasa Bandar Lampung, Sabtu (11/7/2020).

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Saya menyampaikan turut berduka cita yang mendalam, atas meninggalnya orang tua kami, Subkie Elyas Harun. Semoga almarhum husnul khotimah,” ucap Adipati.

BACA JUGA:  Catat, Mulai Awal Bulan Depan Pemprov Lampung Kembali Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan

Menurutnya, Subki adalah tokoh pendiri Kabupaten Way Kanan dan banyak jasanya untuk pembangunan Bumi Ramik Ragom.

“Selamat jalan tokoh pendiri Kabupaten Way Kanan. Pengabdian dan jasa terbaikmu akan kami kenang selamanya,” ujar Adipati.

Diketahui, Subki Elyas Harun merupakan Ketua Yayasan Pendiri Saburai (YPS) dan salah satu putra daerah terbaik Lampung kelahiran Blambangan Umpu, Way Kanan, 24 Mei 1937. Istrinya bernama Herminah dan mempunyai tiga anak.

Subki lulusan S-1 Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Sebelum menjadi wagub era Gubernur Poedjono Pranyoto, Subki pernah menjadi dosen merangkap Wakil Dekan Univeristas Sriwijaya cabang Lampung (cikal bakal Unila) dan Ketua Presedium Universitas Sriwijaya cabang Lampung.

Di Pemerintahan, Subki pernah menjabat kepala biro Perekonomian Pemprov Lampung. Ia juga penggagas dan perancang proposal 10 kabupaten dan kotamadya di Provinsi Lampung.

BACA JUGA:  Gubernur Lampung Serahkan 410 SK CPNSD Formasi Tahun 2019

Subki juga perintis dan Direktur BPD (Bank Pembangunan Daerah) Lampung (cikal bakal Bank Lampung), menjabat Asisten II Gubernur Lampung (era Gubernur Sutiyoso) dan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (era Gubernur Sutiyoso).

Lalu, Penjabat Sementara Bupati Lampung Selatan dan Lampung Tengah (era gubernur Sutiyoso), Sekda Provinsi Lampung (era Gubernur Sutiyoso dan Yasir Hadibroto).

Jabatan terakhir Subki yakni Wakil Gubernur Lampung di era Gubernur Yasir Hadibroto dan Poejono Pranyoto).

Tak hanya itu, Subki Harun juga menjadi Anggota DPR RI dua periode, 1992-1997 dan 1997-1999.

Subki juga penggagas dan fasilitator pembangunan obyek vital Lampung yakni Dermaga Bakaheuni, Stadion Pahoman, GOR Saburai Enggal, Bank Bukopin Lampung, Universitas Lampung, Islamic Center, by pass Bakaheuni-Panjang-Natar-Sukarame.

Almarhum juga membangun dan Pembina Yayasan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dan Yayasan Padang Golf Sukarame. (*/Migo)