Janji Bisa Diterima Jadi PNS, Pecatan ASN Diringkus Polres Lampung Utara

67

HEADLINELAMPUNG, LAMPUBG UTARA – Seven Saputra (42), yang dipecat dari aparatur sipil negara (ASN) di Dinas Lingkung Hidup Kabupaten Lampung Utara, harus berurusan dengan polisi.

Pasalnya, warga Kelurahan Kelapa Tujuh, Kecamatan Kotabumi Selatan itu diduga telah melakukan penipuan dan penggelapan, dengan menjanjikan pekerjaan sebagai PNS.

Syaratnya, korban harus menyetor sejumlah uang kepada pelaku.

Terbongkarnya kasus penipuan CPNS itu setelah Hepni, warga Tanah Abang Kecamatan Bunga Mayang, meloporkan Seven ke Polres Lampung Utara, karena merasa ditipu pelaku.

BACA JUGA:  Satbinmas Polres Pesawaran Sambangi Kantor Satpol PP

Sebab sejak 2016 sampai sekarang, anak dan dua temannya belum juga menjadi PNS seperti yang dijanjikan Seven.

Padahal sebelumnya korban telah menyetorkan sejumlah uang kepada pelaku dan dijanjikan akan menjadi PNS dan mendapatkan SK PNS.

“Pelaku telah lama buron, baru pada Rabu 15 Juli 2020, pukul 22.00 WIB tertangkap, saat berada di Pasar Dayamurni, Kabupaten Tulang Bawang Barat,” kata Kasat Reskrim AKP Gigih mewakili Kapolres Lampung Utara AKBP Bambang Yudho Martono. Kamis (16/7/2020).

BACA JUGA:  Ketua HMI Kotabumi Kecam Oknum Pejabat Lampura Diduga Acungkan Pistol

Dijelaskan, dalam melakukan aksinya pelaku memperdaya para korban bisa menjadikan PNS, dengan syarat harus menyetor uang Rp 150 juta sampai 250 juta.

“Selain mengamankan tersangka, kami menyita barang bukti berupa dua lembar kwitansi surat perjanjian antara korban dengan pelaku,” ujar Gigi.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengakui perbuatannya.

Uang hasil penipuan yang mencapai Rp. 550 juta milik para korban telah habis digunakan untuk main judi online. (*/rasul)