Wabup Fauzi Instruksikan OPD Dukung KWT Pringsewu

23

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Wakil Bupati (Wabup) Pringsewu, Dr.H.Fauzi mengimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk ikut menangani dan mendukung kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Menurut Fauzi, keterlibatan OPD dilingkungan Pemkab Pesawaran harus dilakukan, karena untuk memuluskan kegiatan KWT, tidak bisa hanya ditangani oleh Dinas Pertanian.

Hal itu dikatakan Wabup Fauzi pada acara pertemuan dan silaturahim para pengurus KWT se-Kabupaten Pringsewu bersama OPD kabupaten setempat di Sekretariat KWT Green Life Pekon Keputran, Kecamatan Sukoharjo, Kamis (16/7/2020).

Selain Dinas Pertanian, menurut Wabup, sejumlah OPD yang bisa terlibat diantaranya, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperindag, Dinas Kominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon serta Bagian Perekonomian.

BACA JUGA:  Bersinergi, Kodim 0427/WK Ikut Siaga di Pos PAM Operasi Ketupat Krakatau 2020

Dikatakanya, KWT pada awalnya didirikan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Namun, tidak ada salahnya jika kebutuhan rumah tangga sudah tercukupi, selanjutnya KWT mengembangkan diri untuk skup yang lebih luas.

Selain itu, Wabup berharap kegiatan KWT juga bisa menjadi contoh untuk ibu-ibu lainnya.

Dalam kegiatan itu, Wabup Fauzi mengajak seluruh jajaran KWT untuk tetap bersemangat dan bergerak maju bersama-sama, dan pemerintah daerah akan memperhatikan dan mendukung kegiatan KWT.

Sementara itu, Ketua KWT Kabupaten Pringsewu, Sugiyani meminta Pemkab Pringsewu melalui dinas terkait dapat memperhatikan dan membina serta membimbing kegiatan KWT yang ada di kabupaten setempat.

BACA JUGA:  Resmi Jabat Ketua SIWO PWI, Muslim Kunjungi Sekretaris KONI Lampung

Menurut Sugiyani, kegiatan KWT saat ini tidak hanya pemanfaatan lahan pekarangan, namun juga sudah melangkah ke usaha pemasaran dari hasil-hasil produksi dari KWT.

Oleh karena itu, ia berharap kedepan ada upaya-upaya pelatihan, misalnya untuk pengemasan produk atau packing.

Selain itu, lanjut Sugiyani, setiap ada kegiatan pemerintah daerah keberadaan KWT di Pringsewu juga turut diberdayakan.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Fauzi bersama sejumlah pejabat Pemkab Pringsewu meninjau lokasi pembudidayaan tanaman sayuran organik melalui hidroponik unit kegiatan KWT Green Life Pekon Keputran. (mega/rls)