UPT Disdikbud Kotabumi Utara Lampura Gelar Sosialisasi Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

50

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara (Lampura) menggelar sosialisasi tentang Belajar dari Rumah (BDR) selama masa pandemi Covid-19.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala UPT Disdikbud Kecamatan Kotabumi Utara, Nurlailywaty S.Ip menyampaikan tentang pentingnya kedisiplinan guru dalam peyampaian materi BDR selama pandemi Covid-19.

“Lalu, yang kedua tentang persiapan pelaksanaan Kelompok Kerja Guru (KKG) sebelum penyampaian materi pembelajaran selama BDR,” ujarnya, Selasa (21/7/2020).

Selanjutnya, Ketua KKKS Dwi Margiyati S.Pd menerangkan, mengacu pada surat edaran nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Belajar dari Rumah dalam masa darurat penyebaran Covid-19 dri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka satuan pendidikan memberi penjelasan dan pemahaman tentang BDR ke wali murid masing-masing satuan pendidikan.

BACA JUGA:  Bupati Dewi Hadiri Peringatan Hari Santri

“Pertama, berhubung Kabupaten Lampung Utara dinyatakan zona kuning, untuk itu tahun ajaran baru tetap dimulai pada 13 Juli 2020. Namun pembelajaran tatap muka dengan siswa belum diperbolehkan,” jelasnya.

Kedua, lanjut Dwi, penjelasan Belajar Dari Rumah (BDR) secara Daring, Luring maupun Kombinasi.

“Yang ketiga, setiap kepala sekolah bersama guru dan komite sekolah menyusun kurikulum yg disesuaikan dng masa pandemi Covid-19,” terang dia

Terakhir, menyusun jadwal BDR untuk guru dan siswa, yakni seminggu sekali setiap guru mengadakan home visit (mengunjungi siswa dirumah ) secara individu maupun kelompok, untuk memantau perkembangan pembelajaran di rumah.

BACA JUGA:  Satu ODP Virus Corona di Lampung Barat Meninggal, Bupati Instruksikan Investigasi

“Lalu, satuan pendidikan membuat jadwal piket untuk guru di sekolah, yang tujuannya untuk membuat laporan berkala tentang tugas guru selama Belajar Dari Rumah,” kata Dwi.

Kemudian, selalu mensosialisasikan kepada siswa dan orangtuanya tentang kesehatan dan keselamatan selama pandemi tentang pencegahannya.

“Antara lain dengan memakai masker apabila keluar rumah, sering mencuci tangan denang sabun dan air mengalir, jaga jarak secara fisik dan olahraga yang teratur,” urai Dwi.

Hadir Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabumi Utara Nurlailywaty, S.Ip, para Pengawas, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Guru kelas dan Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI).(Ta.Rasul)