Tanggamus Belum Bentuk Komite Penanganan Covid-19

445

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tanggamus belum dibubarkan.

Masih dipertahankannya Tim GTPP Covid-19 tersebut, karena di Tanggamus belum terbentuk Komite Penanganan Covid-19.

Sekretaris BPBD Kabupaten Tanggamus, Maryani mengatakan, sampai saat ini Komite Penanganan Covid-19 belum terbentuk, sehingga Tim GTPP Covid-19 tetap dipertahankan.

“Kalau Komite Penanganan Covid-19 belum dibentuk, maka Tim GTPP Covid-19 Tanggamus belum dibubarkan,” jelas Maryani, Senin (27/07/2020).

Menurut Maryani, saat ini pihaknya masih mempelajari komite tersebut. Karena, sampai sekarang belum ada aturan turunan yang mengatur tentang komite. Minimal, turunan itu dikeluarkan Pemprov Lampung.

Dijelaskanya, dalam Komite Penanganan Covid-19 ada tiga bidang, yakni Komite Kebijakan, Satgas Penanganan dan Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi.

BACA JUGA:  Bupati Lamteng Harapkan Satker Pahami Target Kerja

“Dari tiga bidang itu, mungkin BPBD Tanggamus masuk ke Satgas Penanganan,” imbuhnya.

Dikatakan Maryani, sebenarnya tugas Komite Penanganan Covid-19 lebih berat dibandingkan Tim GTPP Covid-19, karena didalamnya ada penanganan bidang ekonomi.

“Kalau gugus tugas, hanya fokus ke pencegahan dan penanganan. Sedangkan, komite tugasnya selain tugas itu ada tugas baru untuk pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Maryani mengaku, tidak bisa juga ke depan hanya gugus tugas saja, karena perekonomian harus dipulihkan. Untuk itu pembentukan Komite Penanganan Covid-19 tetap perlu dibentuk.

BACA JUGA:  Persiapkan KBM Tatap Muka Sekolah di Sidomulyo

Ditambah dia, Pos Pantau Covid-19 saat ini hanya ada di Pugung dan Pelabuhan Kotaagung. Sedangkan, di Semaka dan Kelumbayan Barat sudah dibubarkan.

Dikatakannya, masih dipertahankannya Pos Pantau Covid-19 di Pugung, karena wilayah tersebut pintu atau jalur masuk ke Kabupaten Tanggamus dari arah timur. Sedangkan, Pos Pantau di Pelabuhan Kotaagung, karena terkait kapal-kapal tangker yang angker di Perairan Teluk Semaka.

“Akhir pekan ini, Tim GTPP Covid-19 Tanggamus harus waspada, karena menjelang Idul Adha orang masuk ke Tanggamus bakal lebih tinggi dibanding hari biasa. Sedangkan, sekarang tidak seketat dibandingkan Idul Fitri,” pungkasnya. (Andi/rud)