Hari Raya Qurban, 432 Hewan akan Disembelih pada Sejumlah Masjid dan Mushola

15

HEADLINELAMPUNG, METRO-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Metro mencatat, sebanyak 432 hewan qurban akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha di sejumlah masjid dan musholla di Bumi sai Wawai.

Kepala DKP3 Kota Metro, Hery Wiratno mengatakan, menjelang Hari Raya Qurban, tercatat  sebanyak 432  hewan qurban akan disembelih pada sejumlah masjid dan musholla di Kota Metro. “Rinciannya, sapi 263 ekor, dan kambing 169 ekor. Namun, itu masih data sementara, karena hewan ternak datangnya H-1, sementara sebagian besar pemotongan dilaksanakan Sabtu lusa, jadi ternak diantar Jumat sore,” kata Hery Wiratno, Kamis (30/7/2020).

BACA JUGA:  Kakam Trikarya Semprot Disifektan Tangkal Virus Covid-19

Ia meneruskan, untuk memastikan hewan qurban memenuhi standard kesehatan, pihaknya juga meningkatkan pengawasan terhadap ternak yang akan dijadikan hewan qurban. Juga, mengingattkan kepada para peternak agar menjaga hewannta tetap sehat, sebagai salah satu syarat hewan layak untuk diqurban.

“Upaya ini, untuk memastikan hewan qurban sehat dan layak dikonsumsi, dan sejauh ini belum ada laporan soal hewan qurban yang tidak memenuhi syarat,” ujar dia.

BACA JUGA:  Pemkab Tubaba Kembali Salurkan Bantuan Beras Periode November Tahap II

Sebelumnya, Pemkot Metro melalui DKP3 setempat, bersama pengurus masjid dan ormas Islam melaksanakan web seminar (webinar) tentang tata cara pelaksanaan pemotongan hewan qurban di masa pandemi covid-19. (dwi)