Resmikan Kampung Tangguh Nusantara di Lampung Barat, Wakapolda: Bentuk Nyata POP

83

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs Sudarsono, kembali mendatangi Lampung Barat dalam rangka menghadiri peresmian Kampung Tangguh di Pekon Srimenanti Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Kamis (6/8/2020).

Selain menghadiri peresmian Kampung Tangguh, Wakapolda Sudarsono, di dampingi Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, Kapolres Lampung Barat Rachmad Tri Hariyadi, Forkopimda dan Para PJU Polres Lampung Barat melaksanakan Cek dan Kontrol Tahanan serta meninjau Pembangunan Barak Dalmas Polres Lampung Barat.

Dalam kesempatan ini, Wakapolda menyampaikan Apresiasi dan Penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan dan terbentuknya Kampung Tangguh tersebut.

“Saat ini hampir seluruh wilayah di indonesia mengalami musibah pandemi covid-19, yang telah menimbulkan permasalahan yang berdampak sosial dan ekonomi. Upaya Polri khususnya Polda Lampung dalam rangka penguatan ekonomi kerakyatan dengan melakukan kolaborasi dengan stakeholder melalui pengembangan kultur kewirausahaan dan penggalangan partisipasi masyarakat atau pelaku usaha dalam mengelola potensi sumber daya alam untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya

BACA JUGA:  Dramatis, Tim Lamteng Juara Turnamen Mini Soccer Kapolda Cup Lewat Adu Penalti

Menurutnya, Kampung tangguh nusantara merupakan suatu solusi bentuk nyata penerapan strategi Problem Oriented Policing (POP) merupakan hasil nyata dari perubahan paradigma dan orientasi ke arah upaya-upaya pemolisian bernuansa pencegahan dan penyelesaian masalah yang diharapkan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten pesawaran, forkopimda dan stakeholder serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini, semoga tidak hanya menjadi cara dalam mengendalikan permasalahan sosial yang terjadi khususnya di wilayah yang terdampak, akan tetapi diharapkan mampu melindungi kualitas hidup masyarakat, dan hal ini menjadi bhakti dan dharma kita kepada bangsa dan negara serta ladang amal kebaikan yang dicatat sebagai ibadah kepada Allah swt,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Polres Pringsewu Gelar Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Sementara Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus juga menyampaikan, tujuan dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara yakni menciptakan masyarakat yang tangguh Dalam Menghadapi Berbagai Situasi Termasuk Peduli Dengan Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Adanya Kampung Tangguh Nusantara ini diharapkan dapat mendorong masyarakat lebih taat dan tertib lagi dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya, dan dengan diresmikannya Kampung Tangguh Nusantara bisa menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya yang ada di kabupaten Lampung Barat,” ungkapnya.

Terakhir dirinya mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap melakukan pola hidup sehat dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang baru (new normal) agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan covid-19.

“Kedisiplinan dalam menerapkan prinsip pola hidup yang lebih bersih dan sehat merupakan kunci dalam menekan penularan covid-19 pada masyarakat, sehingga diharapkan wabah covid-19 dapat segera berakhir,” pungkasnya. (*/Hendri)