Viral Video Penangkapan di Pasar Unit 2, Ini Penjelasan Kapolres Tuba

83

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Beredarnya video penangkapan pelaku tindak pidana di media sosial facebook (FB) yang sempat ramai menjadi perbincangan warga membuat Kapolres Tulang Bawang (Tuba), AKBP Andy Siswantoro, SIK langsung menggelar konferensi pers di Mapolres setempat, Kamis (06/08/2020).

Kapolres Tuba, AKBP Andy Siswantoro mengatakan, pelaku yang ditangkap oleh petugas, Kamis (06/08/2020) di perempatan Pasar Unit 2, Kampung Dwi Warga Tunggaljaya, Kecamatan Banjaragung Kabupaten Tuba merupakan pelaku tindak pidana kepemilikan Narkotika Golongan I.

“Pelaku berinisial E als MI (28), berprofesi wiraswasta, warga Tiyuh/Kampung Candrakencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat,” ujar AKBP Andy.

Menurut Kapolres, awalnya personel satuan reserse kriminal (Satreskrim), Kamis (06/08/2020) mendapatkan informasi, bahwa telah terjadi tindak pidana penggelapan berupa satu unit mobil di wilayah hukum Polres Lampung Timur (Lamtim).

BACA JUGA:  Polres Tanggamus Tangkap Pengedar Sabu

Kemudian, lanjut Ia, pihak keluarga korban menginformasikan bahwa mobil minibus merk Kijang Inova warna silver, BE 2087 EA tersebut dibawa oleh pelaku ke arah Kabupaten Tuba, sehingga petugas melakukan penghadangan terhadap kendaraan tersebut di depan Mapolres Tuba.

“Namun, saat akan diberhentikan pelaku tidak mengindahkan dan melaju dengan kecepatan tinggi ke arah Pasar Unit 2. Akhirnya, mobil yang dikendarai oleh pelaku berinisial E als MI ini berhasil dihentikan setelah sebelumnya menabrak beberapa kendaraan di Pasar Unit 2,’ jelasnya.

Dikatakan AKBP Andy, sejumlah kendaraan yang ditabrak oleh pelaku E diantaranya, sepeda motor, mobil kijang kapsul warna biru dan mobil dinas milik Dinas Perhubungan Kabupaten Tuba.

BACA JUGA:  Mayat Tanpa Kepala di Perairan Kuala Teladas Tulang Bawang, Ternyata Warga Brebes Jawa Tengah

“Saat dilakukan penggeledahan, petugas berhasil menyita barang bukti (BB) berupa tiga butir pil extasi, plastik ukuran sedang yang berisi narkotika jenis sabu dan plastik kecil kosong yang disimpan oleh pelaku di dalam setir mobil,’ tukasnya.

Ditambahkan Kapolres, pelaku masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolres Tuba dan akan dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 UU No: 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun, dan paling lama 12 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800 juta dan paling banyak Rp8 miliar. (nando/*)