Bupati Pesibar Hadiri HUT Ke-3 Aspeksindo di Jakarta

15

HEADLINELAMPUNG, PESISIR BARAT –Bupati Pesisir Barat (Pesbar) Agus Istiqlal menghadiri acara HUT ke-3 Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Maritim Indonesia menyongsong new normal, di Ballrrom Mina Bahari III Kementerin Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, di Jakarta, Senin (10/08/2020).

Hadir Menteri KKP RI Edy Prabowo, Wakil Ketua MPR RI Jazirul Pawait dan Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono.

Sejak 10 Agustus 2017, Aspeksindo terus berkomitmen berupaya mengawal kemajuan maritim di Indonesia, sebagaimana ruh maritim dengan bisa kembali jaya dan terutama tercapainya kesejahteraan masyarakat yang berada di kepulauan dan pesisir.

Ketua Aspeksindo Abdul Gafur Mas’ud berharap di usianya tersebut mampu membantu pemerintah membangun masyarakat di kepulauan dan di pesisir.

“Aspeksindo perhatian bukan hanya di bidang perekonomian, namun dari segi kesehatan serta pendidikan,” ujarnya.

BACA JUGA:  Tim Cobra Polres Pringsewu Tangkap Dua Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Aspeksindo juga akan menggali potensi daerah pesisir beserta peluang investasi yang dapat dioptimalkan dengan baik dari seluruh anggota.

Abdul berharap ada kerjasama antara lemerintah pusat dan daerah, serta harmonisasi untuk pengembangan daerah kepulauan dan pesisir, dalam mendukung visi besar Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Hal tersebut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir yang berkeadilan,” jelasnya.

Kegiata tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara ketua umum Aspeksindo dengan Rektor UIN Jakarta Komarudin, diwakili Toto Bintoro.

Menteri KKP Edy Prabowo mengungkapkan, kehadiran dan partispasi para bupati dan wali kota merupakan ujung tombak pemerintah pusat yang ada di daerah masing masing.

Dengan demikian Edy akan menyampaikan program apa saja pemerintah pusat dan menteri KKP juga minta peta sektor sektor budidaya di daerah masing-masing yang belum tertangani, baik budidaya tambak udang, budidaya ikan ait payau, sungai dan danau.

BACA JUGA:  Ketua TP-PKK Salurkan Bantuan Berkat Baznas Pesawaran

“KKP menyiapkan dana kredit udaha rakyat (KUR) dan kredit badan layanan umum (BLU) yang dapat dipinjamkan dengan bunga yang rendah dengan syarat yang mudah, untuk membangun kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir, serta program KKP juga menyiapkan di bidang SDM yaitu penyerapan pendidikan sebesar 75 persen untuk anak nelayan dengan biaya sekolah gratis kemudian di salurkan oleh pemerintah di kementerian kelautan dan perikanan RI,” urainya.

Selain itu, Edy Prabowo juga mengajak membangun daerah kepulauan dan pesisir menjadi andalan dan penyerapan lapangan pekerjaan, dengan harapan peningkatan devisa negara. (*/bowo)