Wabup Way Kanan Lampung Positif Covid-19, Ini Riwayatnya

41

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Kabar Wakil Bupati (Wabup) Way Kanan, Lampung, Edward Antony (EA) dan dua pejabat setempat terkonfirmasi positif Covid-19 terbukti benar.

Selain wabup, dua pejabat Way Kanan dan empat kerabatnya juga terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu ditegaskan Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Way Kanan, Anang Risgiyanto, Senin (10/8/2020).

“Informasi kasus terkonfirmasi Covid-19 sebagaimana yang dirilis Pemerintah Provinsi Lampung 10 Agustus 2020, terdapat tujuh orang (Way Kanan, satu di antaranya EA) yang dinyatakan positif Covid-19,” ujar pria yang juga kepala Dinas Kesehatan Way Kanan, Senin (10/08/2020).

Adapun identitas dan riwayat pasien berinisial EA (Edward Anthony/wabup) dengan kode P7, Laki-laki, usia 62 tahun dan beralamat di Way Kanan yakni pada 4 hingga 6 Agustus 2020, mempunyai riwayat perjalanan dari Jakarta.

BACA JUGA:  ODP dan PDP Corona di Lampung Bertambah, Reihana Jelaskan Pasien Positif yang Sembuh

Selanjutnya, pada 8 Agustus 2020, EA mengeluh demam, lalu melakukan pemeriksaan kesehatan ke Rumah Sakit di Bandar Lampung.

“Kemudian dilakukan pemeriksaan Rapid Test dengan hasil reaktif. Selanjutnya dilakukan pengambilan PCR Swab pertama dengan hasil positif Covid-19,” ujar Anang.

Pada Minggu, 9 Agustus 2020, kembali dilakukan pengambilan PCR Swab kedua dengan hasil positif Covid-19.

Selanjutnya dilakukan tracking terhadap orang yang kontak erat dengan EA sebanyak 22 orang dan dilakukan pengambilan PCR Swab pertama.

BACA JUGA:  Gubernur Lantik 11 Pejabat Eselon II, Dua Pejabat Tunggu TMT dan Izin Irjen Kemendagri

“Hasilnya, enam orang juga positif Covid-19. Keenamnya dalam keadaan sehat dan untuk mempercepat pemulihan walaupun tidak ada gejala, maka dilakukaan isolasi dan perawatan di Rumah Sakit pemerintah,” terang Anang.

Namun, dia tidak memberikan secara rinci nama-nama keenam orang tersebut.

Menurut Anang, Covid-19 tidak perlu ditakuti karena semua bisa terinfeksi.

Oleh karena itu, perketat protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak/ physical distancing dan PHBS dengan CTPS, serta jaga stamina tubuh masing-masing dgn menerapkan Germas.

“Kita berdoa, semoga semuanya akan sehat-sehat saja,” harap Anang. (*/Migo)