KPU Lamteng Gelar Rakor Pelaksanaan Pilkada Serentak

7

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Tengah menggelar rapat koordinasi (rakor), persiapan dan teknis pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di Caffe Moonbe, Selasa (1/9/2020).

Rakor yang dihadiri unsur dari berbagai unsur tersebut, diantaranya komisioner KPU, Bawaslu, Polres dan Kodim 0411 Lampung Tengah (Lamteng), serta dinas perhubungan, membahas agar dalam setiap tahapan Pilkada berjalan aman sampai pada hari H (9/12/2020) mendatang.

Ketua KPU Lamteng, Irawan Indrajaya mengatakan, rakor digelar untuk membahas persiapan pengamanan dan kelancaran lalu lintas pada saat dimulainya tahapan Pulkada.

Menurutnya, tahapan Pilkada sejak (4/9/2020) yakni dibukanya Pendaftaran Paslon sampai dengan 06 September 2020,.

“Kita membahasa persiapan pada saat pendaftaran Paslon, situasi disekitat kantor KPU aman terkendali tidak ada gangguan, baik dari gangguan situasi kamtibmas maupun situasi arus lalu lintas bisa tetap lancar,” jelasnya.

BACA JUGA:  Gunakan Tehnik Lie Detektor, Otak Perampokan di Toko Alfamart Diringkus Polisi

Menurutnya, untuk menjaga situasi tetap kondusif, KPU akan membatasi jumlah peserta yamg bisa masuk kedalam kantor KPU.

“Tujuannya agar seluruh tahapan bisa berjalan aman, lancar dan tetap kondusif,” imbuhnya.

Ditanbahkan Ia, bagi para peserta yang diperbolehkan masuk kedalam pagar kantor KPU akan dibatasi.

“Peserta yang boleh masuk akan diberikan ID Card. Mereka adalah Paslon, Ketua dan Sekretaris Partai, serta LO,” ujar Irawan.

Untuk memantau proses pendaftaran Ketua Bawaslu Lamteng, Harmono mengatakan, pihaknya akan memploting 2 staff tekhnis yang akan ditempatkan di KPU, untuk mengakses perwakilan yang ikut dan masuk ke dalam gedung menyaksikan proses pendaftaran.

BACA JUGA:  Diduga Miliki Sabu Warga Metro Dibekuk Polres Lamteng

“Kami akan tempatkan dua tenaga atau staf teknis yang akan memantau langsung proses pendaftaran para calon di KPU,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Lamteng, AKP Edi Kurniawan menyatakan, untuk menjaga keamanan peserta Rakor sepakat masing-masing LO Paslon akan diundang sebelum pelaksanaan pendafataran Paslon tujuannya untuk berkoordinasi.

Selain itu, Kasat Intelkam juga mengharapakan agar KPU dapat memastikan waktu masing-masing Paslon yang akan mendaftarkan diri.

Ia mengatakan, kepastian tersebut dimulai dari hari dan jam pelaksanaannya.

“Agar tidak bersamaan waktunya saat mendaftar, hal itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama antar pendukung Paslon,” jelasnya. (Gunawan)